MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA HURUF HIJAIYAH MENGGUNAKAN METODE TILAWATI PADA ANAK KELOMPOK B6 DI TK ABA KARANGKAJEN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan metode
tilawati pada anak kelompok B6 di TK ABA Karangkajen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas kolaboratif. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang
dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil
apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal
sebesar 86%. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah, mempersiapkan media peraga tilawati
beserta item-itemnya, memberi contoh penggunaan lagu rost tilawati/nada tilawati pada peraga jilid 1 kemudian
peneliti dan anak membaca bersama-sama, memberi anak kesempatan untuk membaca sendiri menggunakan nada
tilawati, memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah masih
sulit dan yang terakhir peneliti dan guru memotivasi dan mendampingi anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat
perubahan untuk kriteria baik disetiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukkan hasil 12,5%, kemudian mulai
meningkat pada Siklus I sebesar 68,75% dan pada Siklus II sebesar 87,5%.
Kata kunci: membaca huruf hijaiyah, metode tilawati, anak kelompok B6
tilawati pada anak kelompok B6 di TK ABA Karangkajen Yogyakarta. Jenis penelitian ini adalah penelitian
tindakan kelas kolaboratif. Teknik pengumpulan data melalui tes dan observasi. Teknik analisis data yang
dilakukan secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil
apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal
sebesar 86%. Keberhasilan tersebut dilakukan dengan langkah-langkah, mempersiapkan media peraga tilawati
beserta item-itemnya, memberi contoh penggunaan lagu rost tilawati/nada tilawati pada peraga jilid 1 kemudian
peneliti dan anak membaca bersama-sama, memberi anak kesempatan untuk membaca sendiri menggunakan nada
tilawati, memberi kesempatan lebih besar pada anak yang peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah masih
sulit dan yang terakhir peneliti dan guru memotivasi dan mendampingi anak. Peningkatan tersebut dapat dilihat
perubahan untuk kriteria baik disetiap siklusnya, pada saat pra tindakan menunjukkan hasil 12,5%, kemudian mulai
meningkat pada Siklus I sebesar 68,75% dan pada Siklus II sebesar 87,5%.
Kata kunci: membaca huruf hijaiyah, metode tilawati, anak kelompok B6
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.