PERAN ORANG TUA DALAM PENGEMBANGAN LITERASI DINI ANAK KELOMPOK B DI GUGUS 7 MANGUNAN DLINGO BANTUL

Afiah Nuraeni,

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah mengetahui seberapa besar keterlibatan orang tua dalam pengembangan
literasi dini anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan, Dlingo, Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan
deskriptif kuantitatif menggunakan metode survai. Sampel penelitian ada 60 ibu dari anak kelompok B di Gugus 7
Mangunan, dengan teknik total sampling. Hasil penelitian menunjukkan keterlibatan orang tua dalam
pengembangan literasi dini anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan termasuk dalam kategori sering, dengan
persentase keterlibatan 66.28% pada vocabulary skill, 54.87% pada print motivation skill, 65.35% pada print
awareness skill, 63.75% pada narrative skill, 61.13% pada letter knowledge skill, dan 68.54% pada phonological
awareness skill. Dengan demikian rata-rata keterlibatan orang tua dalam pengembangan literasi dini anak
kelompok B di Gugus 7 Mangunan adalah 63.32% dan dikategorikan sering. Hasil ini bermakna bahwa orang tua
anak kelompok B di Gugus 7 Mangunan telah melaksanakan peran sebagai stakeholder yang berperan dalam
pengembangan literasi dini anak.

Kata kunci: keterlibatan, orang tua, literasi

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.