STUDI KUALIFIKASI AKADEMIK GURU TAMAN KANAK-KANAK SE-KECAMATAN SRANDAKAN KABUPATEN BANTUL

Nofalia Putri Cikita,

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualifikasi akademik guru Taman Kanak-kanak se-Kecamatan Srandakan. Penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif, menggunakan metode survey. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Kualifikasi yang dimiliki guru TK berdasarkan berstatus guru, PNS dari kategori lainnya 42,28%, S1/D-IV PAUD 28,58%, S1/D-IV psikologi dan SMA 14,28% dan D-II PGTK 0% dan guru Non PNS adalah S1/D-IV PAUD 57,14%, SMA dan kategori lainnya 14,29%, S1/D-IV psikologi dan D-II PGTK 7,14%. (2) Kualifikasi akademik guru berdasarkan jenis guru, untuk guru kelas adalah S1/D-IV PAUD 42,5%, kategori lainnya 30%, SMA 12,50%, S1/D-IV psikologi 10% dan D-II PGTK 5%. Guru pendamping, sebanyak 50% S1/D-IV PAUD dan 50% SMA. (3) Kualifikasi akademik yang dimiliki guru berdasarkan sekolah, untuk kualifikasi akademik S1/D-IV PAUD adalah TK Tunas Pertiwi 75%, TK Masyithoh sebanyak 50%, TK ABA 48% dan TK PKK  36,37%. S1/D-IV psikologi adalah TK Tunas Pertiwi 25%, TK ABA 12% dan TK yang lainnya tidak ditemukan. D-II PGTK adalah TK ABA 8% dan tidak ditemukan di TK lain. SMA tertinggi TK PKK yaitu sebanyak 18,18%, TK ABA dengan 16% dan tidak ditemukan di sekolah yang lain. Kualifikasi akademik pada kategori lainnya, TK Masyithoh 50%, TK PKK 45,45%, TK ABA 16% dan tidak ditemukan di TK Tunas Pertiwi.

 

Kata Kunci: guru, taman kanak-kanak, kualifikasi akademik


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.