PENANAMAN DISIPLIN PADA ANAK KELOMPOK B DI TAMAN KANAK-KANAK INDRIYA BHAKTI KANISIUS SENGKAN
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman disiplin di TK Indriya Bhakti Kanisius Sengkan. Penanaman disipin pada penelitian ini berfokus pada perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif. Penelitian ini dilakukan di TK dengan subjek penelitian yaitu kepala sekolah, guru, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan pedoman wawancara, pedoman observasi, dan pedoman dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik analisis deskriptif. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan; 1) Perencanaan dibuat oleh guru yang disusun dengan cara memasukkan penanaman disiplin ke dalam rencana pembelajaran RPPH berupa Standar Operasional Prosedur (SOP); 2) Pelaksanaan mencakup unsur disiplin yaitu aturan, hukuman berupa nasehat dan teguran, penghargaan, dan konsistensi. Metode yang digunakan meliputi metode pembiasaan, metode keteladanan dari guru, dan metode bercerita yang diterapkan dalam berbagai kegiatan yang dilakukan siswa mulai dari siswa tiba di sekolah hingga siswa pulang sekolah; 3) Evaluasi penanaman disiplin yaitu dalam bentuk penilaian. Penilaian dilakukan melalui observasi, unjuk kerja, percakapan, hasil karya siswa, dan penugasan. Penilaian dilakukan berdasarkan fakta, dan pengamatan perkembangan anak tidak hanya didalam kelas namun juga diluar kelas.
Kata kunci: penanaman disiplin, anak usia dini.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.