PENINGKATAN PERCAYA DIRI MELALUI TOKEN EKONOMI PADA KELOMPOK B1 TK KEMALA BHAYANGKARI 07 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan percaya diri anak melalui token ekonomi di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul. Token ekonomi merupakan teknik pemberian tanda (token) ketika perilaku yang diinginkan muncul, token yang diperoleh dapat ditukarkan dengan hadiah. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini dilakukan di Kelompok B1 TK Kemala Bhayangkari 07 Bantul. Subjek penelitian ini terdiri dari 5 anak laki-laki dan 9 anak perempuan.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi. Teknik analisis data mengggunakan deskripsif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa percaya diri anak dapat meningkat melalui token ekonomi, yang dilakukan melalui langkah-langkah 1) guru menjelaskan prosedur pemberian token ekonomi, 2) guru memberikan token ekonomi ketika anak menunjukkan sikap percaya diri, 3) guru dan anak menghitung token yang diperoleh, 4) guru memberikan penguatan berupa pujian sebagai bentuk pengakuan kepada anak 5) anak menukarkan token yang diperoleh dengan pengukuh idaman, 6) evaluasi. Peningkatan dapat dilihat dari pra tindakan anak yang telah mencapai kriteria berkembang sesuai harapan dan berkembang sangat baik sebesar 28,57%, meningkat pada Siklus I menjadi 64,28%, dan meningkat menjadi 85,71% pada Siklus II.
Kata Kunci: Percaya diri, Token Ekonomi, anak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.