PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR ANAK MELALUI TOKEN EKONOMI DI KELOMPOK B TK ABA DUKUH GEDONGKIWO YOGYAKARTA

Wahdanian Devi Susanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan meningkatkan motivasi belajar anak melalui token ekonomi di Kelompok B TK ABA Dukuh, Gedongkiwo, Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus. Metode pengumpulan data adalah metode observasi. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar dapat meningkat melalui token ekonomi. Tindakan dalam penelitian adalah pemberian stiker sebagai tanda bahwa anak telah menunjukkan perilaku sesuai target dan pemberian hadiah nyata sebagai penukar token atau reward tambahan. Teknis pemberian token ekonomi yaitu: 1) memberikan stiker dengan segera setelah anak menunjukkan perilaku sesuai target; 2) anak menempel sendiri token yang telah diterima pada papan token yang tersedia; 3) guru memberikan pengumuman penerima token terbanyak; 4) guru memberikan hadiah nyata pada hari ketiga sebagai penukar token bagi anak yang mengumpulkan token terbanyak. Pemberian token tetap disertai dengan penguatan verbal maupun isyarat. Setelah dilaksanakan tindakan Siklus I, motivasi belajar anak meningkat menjadi 35,70% pada kriteria motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi, dan setelah Siklus II mencapai indikator keberhasilan sebesar 78,56% pada kriteria motivasi belajar tinggi dan sangat tinggi.

 

Kata kunci: motivasi belajar anak, token ekonomi, Kelompok B

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.