PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBILANG MELALUI MEDIA KARTU BERGAMBAR PADA ANAK KELOMPOK B1 DI TK PKK 37 DODOGAN JATIMULYO DLINGO BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membilang anak melalui media kartu bergambar pada anak Kelompok B1 di TK PKK 37 Dodogan, Jatimulyo, Dlingo, Bantul. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang menggunakan model Kemmis dan Mc Taggart yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini sebanyak 25 anak yang terdiri dari 11 anak laki-laki dan 14 anak perempuan. Objek penelitian ini adalah kemampuan membilang melalui media kartu bergambar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dengan ınstrumen berupa lembar observası berbentuk check lıst. Teknis analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitif dan kualitatif. Kriteria keberhasilan penelitian ini apabila rata-rata persentase kemampuan membilang anak Kelompok B1 mencapai ≥85%. Hasil penelitian ini menunjukkan kemampuan membilang anak Kelompok B1 di TK PKK 37 meningkat. Kemampuan anak dalam membilang menggunakan media kartu bergambar secara urut dan benar pada tahap Pratindakan memperoleh rata-rata persentase sebesar 42,5%, meningkat pada Siklus I menjadi 61,25%, dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 90%. Prinsip-prinsip yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan membilang pada anak Kelompok B1 adalah: 1) Guru menyiapkan peserta didik; 2) Guru mengenalkan dan menjelaskan media kartu bergambar pada anak; 3) Guru membagi anak dalam kelompok, setiap kelompok terdiri dari 5 anak; 4) Guru membagi 1 kartu bergambar pada setiap anak; 5) Anak menyusun kartu bergambar dan membilang kartu tersebut secara urut dan benar mulai dari 1-20; dan 6) Guru memberı anak kesempatan maju di depan kelas untuk menunjukkan kemampuan membilang menggunakan media kartu bergambar.
Kata kunci: kemampuan membilang, media kartu bergambar, anak Kelompok B1.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.