MENINGKATKAN KETERAMPILAN MOTORIK HALUS MELALUI KEGIATAN MENGANYAM PADA ANAK KELOMPOK B1 TK ABA JOGOMANGSAN BERBAH SLEMAN YOGYAKARTA

Hana Ika Safitri,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan motorik halus pada anak kelompok B1 TK ABA Jogomangsan melalui kegiatan menganyam. Keterampilan motorik halus anak yang akan diteliti meliputi: kecermatan, ketepatan, kelentukan, dan kecepatan. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan guru sebagai pelaksana dan peneliti sebagai pengamat. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan keterampilan motorik halus melalui kegiatan menganyam pada anak kelompok B1 TK ABA Jogomangsan. Hal ini dapat dilihat pada saat pra tindakan keterampilan motorik halus anak berada pada kriteria Mulai Berkembang (MB) atau sebesar 40,39%, pada Siklus I meningkat sebesar 20,91% dari pra tindakan menjadi 61,30% atau berada pada kriteria Berkembang Sesuai Harapan (BSH), pada Siklus II meningkat sebesar 20,39% dari Siklus I menjadi 81,69% atau berada pada kriteria Berkembang Sangat Baik (BSB). Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kegiatan menganyam dapat meningkatkan keterampilan motorik halus anak kelompok B1 TK ABA Jogomangsan.

 

Kata kunci: keterampilan motorik halus, kegiatan menganyam kelompok B1


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.