MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL ANAK MELALUI METODE KERJA KELOMPOK DENGAN BULLETIN BOARD DI KELOMPOK B

Yuni Ari Nastiti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak melalui metode kerja kelompok dengan bulletin board di Kelompok B2 TK Kemala Bhayangkari 04 Yogyakarta. Kecerdasan interpersonal dalam penelitian ini mencakup kepekaan sosial, pemahaman sosial, dan penguasaan komunikasi sosial. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tidakan kelas kolaboratif dan dilakukan sebanyak dua Siklus. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B2 yang berjumlah 11 anak yang terdiri dari 4 anak laki-laki dan 7 anak perempuan. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dengan indikator keberhasilan sebesar 80% dari jumlah anak berada di kriteria baik sekali. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan kecerdasan interpersonal anak dapat ditingkatkan melalui metode kerja kelompok dengan cara pembagian dalam kelompok kecil heterogen (4 sampai 8 anak) untuk mengerjakan karya sebagai bahan bulletin board secara bersama-sama. Pemberian reward diberikan pada kelompok yang pengerjaan karyanya lebih rapi agar dapat memotivasi kelompok yang lain. Peningkatan kecerdasan interpersonal anak dapat dilihat dari kondisi awal kriteria baik sekali sebanyak 0% atau sebanyak 0 anak, pada pasca Siklus I meningkat menjadi 36,36% atau sebanyak 4 anak, dan pada pasca Siklus II meningkat lagi menjadi 90,9% atau sebanyak 10 anak.

 

Kata kunci: kecerdasan interpersonal, metode kerja kelompok, bulletin board


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.