UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA SAMA MELALUI METODE PROYEK PADA ANAK KELOMPOK B

Nurhafizah Nurhafizah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan kerja sama pada anak Kelompok B di TK Diponegoro. Metode proyek memiliki tiga tahapan pelaksanaan kegiatan, yaitu tahapan persiapan, tahapan pelaksanaan, dan tahapan penutup. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research secara kolaboratif dengan guru. Jumlah anak di Kelompok B ada 19 anak, terdiri dari 11 anak laki-laki dan 8 anak perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi foto. Penelitian ini menganalisis menggunakan analisis kuantitatif. Hasil observasi yang digunakan berupa data awal kemampuan kerja sama pra tindakan pada kriteria berkembang sangat baik dengan persentase 5,3%. Setelah dilakukan pelaksanaan tindakan Siklus I pada kriteria persentase berkembang sangat baik meningkat menjadi 26,3%. Lalu dilakukan tindakan Siklus II dan mengalami peningkatan yang signifikan, yaitu 84,1%.

Kata kunci: kemampuan kerja sama, metode proyek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.