PENINGKATAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MELALUI METODE DEMONSTRASI PADA KELOMPOK B DI TK ABA GAMBRENGAN SRANDAKAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan proses sains melalui metode demonstrasi pada anak kelompok B di TK ABA Gambrengan. Jenis Penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc Taggart. Subjek penelitian adalah anak kelompok B di TK ABA Gambrengan yang berjumlah 15 anak. Teknik pengumpulan menggunakan observasi dan dokumentasi foto. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dengan menggunakan persentase. Hasil penelitian menunjukan bahwa keterampilan proses sains anak meningkat setelah tindakan melalui metode demonstrasi. Peningkatan tersebut terlihat dari data persentase pada Pratindakan rata-rata keterampilan proses sains anak memperoleh 39.58%, meningkat pada Siklus I menjadi 63.61% dan meningkat kembali pada Siklus II menjadi 84.69%. Berdasarkan kriteria kebehasilan keterampilan proses sains anak pada Siklus II mangalami peningkatan sesuai dengan kriteria keberhasilan yang diinginkan yaitu ≥ 80% dengan hasil akhir rata-rata 84.69%.
Kata Kunci: keterampilan proses sains, metode demonstrasi, anak usia dini, TK Kelompok B
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.