PENERAPAN PENDIDIKAN INKLUSI DI LABSCHOOL RUMAH CITTA YOGYAKARTA

Fathi Miftachurrahmah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendidikan inklusi di Labschool Rumah Citta Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Pengumpulan data menggunakan pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Data dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian meliputi: 1) Labschool Rumah Citta menerapkan pendidikan inklusi yang merangkul setiap individu dengan perbedaan latar belakang, jenis kelamin, etnik, agama, bahasa budaya, karakteristik, status, cara atau pola hidup, kondisi fisik, kemampuan, dan kondisi beda lainnya; 2) Mengunakan kurikulum yang dibuat sendiri berdasarkan berbagai sumber ; 3) Proses penerapan pendidikan inklusi dalam kegiatan pembelajaran menggunakan metode student center; 4) Pihak-pihak yang berperan adalah  kepala sekolah, guru, shadow teacher dan orang tua; 5) Faktor pendukung meliputi: guru yang memiliki kompetensi, guru yang berkomitmen dalam pelaksanaan pendidikan inklusi adalah keberagaman di Indonesia sebagai contoh nyata serta visi misi yang kuat; 6) Faktor penghambat meliputi orang tua maupun pihak-pihak yang terlibat masih ada yang belum memiliki visi dan misi yang sama.

 

Kata kunci: pendidikan inklusi, anak

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.