PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN MELALUI KEGIATAN BERCERITA PADA ANAK KELOMPOK A TK ABA JOGOMANGSAN
Abstract
Penelitian ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan perilaku disiplin anak melalui kegiatan bercerita pada anak kelompok A TK ABA Jogomangsan, Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah seluruh anak TK A yang berjumlah 18 anak. Desain penelitian ini menggunakan desain PTK Kemmis dan McTaggart yang terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, pengamatan, danĀ refleksi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa melalui kegiatan bercerita dapat meningkatkan perilaku disiplin anak kelompok A TK ABA Jogomangsan, Rejosari, Jogotirto, Berbah, Sleman, Yogyakarta. Hasil penelitian perilaku disiplin anak TK A pada pra tindakan menunjukkan persentase rata-rata perilaku disiplin anak sejumlah 39%. Kemudian pada Siklus I menggunakan kegiatan bercerita perilaku disiplin anak meningkat menjadi 57%, karena belum sesuai dengan indikator yang diharapkan maka peneliti melakukan tindakan Siklus II. Hasil penelitian Siklus II rata-rata perilaku disiplin anak kelompok A meningkat menjadi 80%.
Kata kunci: disiplin, bercerita
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.