UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGUASAAN KOSAKATA BENDA MENGGUNAKAN MEDIA KARTU KUARTET PADA ANAK KELOMPOK B2 DI TK ABA WIDORO SEMIN GUNUNGKIDUL

Anis Khamdan Kamilani,

Abstract


Tujuan penelitian ini yaitu untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata benda menggunakan media kartu kuartet pada anak kelompok B2 di TK ABA Widoro Semin Gunungkidul. Desain penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah observasi, dokumentasi, dan wawancara. Teknik analisis data adalah deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kegiatan bermain kartu kuartet dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) anak bermain dalam kelompok dengan jumlah anak paling banyak enam; (2) anak diberi satu kartu kuartet dan diminta bergiliran mencari pasangannya dengan mengambil satu demi satu kartu kuartet yang sudah ditata di atas meja dalam kondisi terbuka sesuai arah yang ditunjuk oleh guru; (3) setelah terkumpul satu set kartu kuartet, masing-masing anak diminta untuk menunjuk benda atau berperilaku yang sesuai dengan kosakata dalam kartu kuartet mereka masing-masing; (4) kemudian anak diberi pertanyaan dan menceritakan tentang kartu kuartet mereka.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa media kartu kuartet dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan penguasaan kosakata benda anak. Saat Pra Tindakan tidak ada anak yang memperoleh kriteria berkembang sangat baik (BSB), pada Siklus I terdapat 4 anak (26,67%) mencapai kriteria BSB dan kemudian meningkat pada Siklus II menjadi 12 anak (80%) pada kriteria tersebut. 

Kata kunci: penguasaan kosakata benda, kartu kuartet, TK kelompok B


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.