PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH MELALUI PERMAINAN RODA PINTAR DI TK AMONG PUTRO BERBAH
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan penerapan peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan media roda pintar huruf hijaiyah pada kelompok A1 TK Among Putro, Krikilan, Berbah, Sleman. Peningkatan kemampuan membaca huruf hijaiyah ini berfokus pada anak kelompok A1 yang belum mencapai kriteria biak. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subyek penelitian ini adalah 16 anak kelompok A1 yang terdiri dari terdiri dari 7 anak perempuan dan 9 anak laki-laki. Obyek penelitian ini adalah kemampuan membaca huruf hijaiyah menggunakan media roda pintar huruf hijaiyah. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes. Teknik analisis data yang dilakukan secara deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan pada penelitian ini dikatakan berhasil apabila kemampuan membaca huruf hijaiyah anak dengan kategori baik sudah mencapai persentase minimal sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca huruf hijaiyah dapat ditingkatkan dengan menggunakan media roda pintar huruf hijaiyah. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari perubahan kriteria baik disetiap siklusnya, pada saat Pra Tindakan menunjukkan hasil 12,50%, kemudian mulai meningkat pada Siklus I menjadi 64,28% dan pada Siklus II sebesar 85,71%.
Kata kunci: peningkatan, kemampuan membaca huruf hijaiyah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.