ELIBATAN ORANGTUA DALAM PROGRAM SEKOLAH DI TK BUDI MULIA DUA SEDAYU BANTUL YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelibatan orangtua dalam program sekolah di TK Budi Mulia Dua Sedayu. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, dan orang tua. Pengumpulan data dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk pelibatan orangtua dalam program sekolah yakni: pelibatan orangtua pada pembelajaran anak di rumah, volunteer, kolaborasi dengan kelompok masyarakat, dan parenting. Peran orangtua sebagai pendukung, guru, dan siswa. Kekhasan dalam mengupayakan pelibatan orangtua dalam program sekolah yakni melalui program Thansibul Qur’an dan Kunjungan ke rumah teman. Sikap guru proaktif dalam memberikan informasi kepada orangtua tentang perkembangan anak yakni secara langsung atau melalui personal message. TK Budi Mulia Dua Sedayu mampu menciptakan lingkungan psikologis yang nyaman.
Kata kunci: pelibatan orangtua, program sekolah, anak.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.