PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF HIJAIYAH DENGAN MEDIA FLASH CARD PADA ANAK KELOMPOK A DI RA AL HUDA, REJOWINANGUN, KOTAGEDE, YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah dengan media flash card pada anak kelompok A di RA Al Huda Rejowinangun. Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc Taggart yang dilakukan secara kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan mengenal huruf hijaiyah pada anak kelompok A RA Al Huda Rejowinangun Kotagede Yogyakarta, melalui media flash card. Hasil skor yang diperoleh pada pra tindakan kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak sebesar 3,6 dan pada Siklus I skor kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak meningkat menjadi 5,53. Pada Siklus II skor kemampuan mengenal huruf hijaiyah anak meningkat menjadi 7,6. Peningkatan yang terjadi pada setiap pertemuan disebabkan karena penggunaan media flash card dalam kegiatan mengenal huruf hijaiyah. Penggunaan media flash card dapat meningkatkan kemampuan mengenal huruf hijaiyah, hal ini dapat dilihat dari kemampuan anak membedakan huruf hijaiyah dan melafalkan huruf hijaiyah berada pada kriteria berkembang sangat baik (BSB).
Kata Kunci: kemampuan mengenal huruf hijaiyah, media flash card, kelompok A
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.