PENERAPAN PENGEMBANGAN NILAI AGAMA ANAK 5-6 TAHUN DI TK BINA ANAK ISLAM KRAPYAK SEWON BANTUL
Abstract
Penelitian ini mendeskripsikan penerapan pengembangan nilai agama di TK BAIK Sewon Bantul. Pengembangan nilai agama pada penelitian ini berfokus pada anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis kualitatif studi kasus dengan subjek penelitian adalah kepala sekolah, guru, orang tua dan anak kelompok B. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan model analisis interaktif Miles dan Huberman. Analisis keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan: 1) Alasan TK BAIK menerapkan pendidikan keimanan dan ketaqwaan adalah ingin menjadikan pendidikan imtaq sebagai icon dari sekolah; 2) Pengembangan nilai agama yang ditanamkan di TK ini menggunakan berbagai macam metode untuk mencapai indikator pengembangan nilai agama anak usia 5-6 tahun; 3) Pihak yang berperan adalah kepala sekolah, guru, orang tua, dan anak; 4) Faktor pendukungnya adalah pendidik berkompetensi, komunikasi pendidik dan orang tua, sarana dan prasarana yang mendukung, serta kegiatan parenting; 5) Faktor penghambatnya adalah lingkungan masyarakat yang belum menerapkan pengembangan nilai agama, lingkungan keluarga yang belum konsisten menerapkan pengembangan nilai agama, tayangan yang tidak mendidik dan kesalahan dalam penggunaan gadget..
Kata Kunci: pengembangan nilai agama
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.