PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA MELALUI PENGGUNAAN KARTU ANGKA PADA ANAK TK KELOMPOK A
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan mengenal konsep angka anak melalui penggunaan kartu angka pada anak TK Kelompok A. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kemampuan mengenal konsep angka pada anak usia dini. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif dengan model Kemmis dan Taggart. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif teknik persentase. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, tindakan dan observasi, dan refleksi. Penelitian ini dilakukan di TK Tunas Ibu Kalasan Sleman. Subjek penelitian ini adalah semua siswa Kelompok A TK Tunas Ibu Kalasan Sleman Semester I Tahun Ajaran 2017/2018 yang berjumlah 16 anak, terdiri dari 8 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan mengenal konsep angka anak TK kelompok A berada dalam predikat baik dengan presentase sebesar 89,2%.
Kata kunci: konsep angka, taman kanak-kanak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.