PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBICARA MELALUI PENGGUNAAN METODE BERCERITA DENGAN GAMBAR DI TK KELOMPOK B TK ABA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara melalui penggunaan metode bercerita dengan gambar pada kelompok B TK ABA Marsudisiwi II Pandak Bantul.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilakukan secara kolaboratif dengan desain penelitian Kemmis & Taggart. Subjek penelitian ini adalah 16 anak didik. Objek penelitian ini yaitu kemampuan berbicara anak. Teknik pengumpulan data menggunakan checklist. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Kemampuan berbicara dapat ditingkatkan melalui metode bercerita denganlangkah-langkahyaitu: anak berada dalam kelompok kecil, anak dan guru melakukan tanya jawab terkait tema, anak diberi contoh bagaimana melakukan metode bercerita, anak melakukan bercerita secara bergiliran, anak diberi reward berupa pujian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berbicara anak meningkat setelah adanya tindakan melalui metode bercerita disertai gambar. Berdasarkan data kegiatan pratindakan menunjukkan persentase jumlah anak yang mempunyai kemampuan berbicara dengan kriteria baik sebesar 25%. Pada Siklus I kemampuan berbicara anak dengan kriteria baik menjadi 50%. Pada Siklus II mengalami peningkatan menjadi 87,5%.
Kata kunci: kemampuan berbicara, metode bercerita, gambar
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.