PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MELALUI MEDIA PERMAINAN KARTU HURUF ANAK KELOMPOK B DI TK ABA MILIRAN KELURAHAN MUJAMUJU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk peningkatan kemampuan membaca permulaan melaluimedia permainan kartu huruf kelompok B TK ABA Miliran Muja-muju Umbulharjo Yogyakarta. Aspek kemampuan membaca permulaan yang diteliti meliputi menyebutkan/menunjukkan simbol-simbol huruf yang dikenal. Mengenal suara huruf awal dari nama-nama benda yang disekitarnya, memahami hubungan antara bunyi dan bentuk, menyebutkan/menunjukkan kelompok gambar yang memiliki bunyi awal yang sama. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok BTK ABA Miliran Yogyakarta yang berjumlah 19 anak. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya peningkatan hal ini dibuktikan pada (BB) pratindakan 74%, Sikuls I 53%, siklus II 0%. (MB) pratindakan 26%, siklus I 3 7%, siklus II 0%.(BSH) pratindakan 0%, siklusI 21%, siklusII 47%. (BSB) pratindakan 0%, siklus I 0% siklus I 53%.
Katakunci:membaca permulaan, media,permainan,kartu huruf
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.