IDENTIFIKASI KECAKAPAN HIDUP (LIFE SKILLS) TK KELOMPOK B DI KECAMATAN MANTRIJERON YOGYAKARTA
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui perkembangan kecakapan hidup TK kelompok B taman kanak-kanak (TK) di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum optimalnya kecakapan hidup pada anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian survei yang dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Instrumen yang digunakan berupa angket tertutup sejumlah 39 item dengan empat alternatif jawaban. Subjek penelitian berasal dari tujuh sekolah. Subjek penelitian ini adalah orangtua dan/ guru TK di Kecamatan Mantrijeron Yogyakarta, yaitu sejumlah 61 orangtua dan 61 guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecakapan hidup anak TK kelompok B berada dalam predikat berkembang sangat baik (BSB) dengan presentase sebesar 80,54%
Kata kunci: kecakapan hidup, taman kanak-kanak
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.