DESKRIPSI PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN NILAI AGAMA DAN MORAL ANAK USIA 4-5 TAHUN DI TAMAN KANAK-KANAK UMUM SE-KECAMATAN PAJANGAN BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan metode pembelajaran Nilai Agama dan Moral anak usia 4-5 tahun di TK umum se-Kecamatan Pajangan Bantul. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa di TK umum se-Kecamatan Pajangan menggunakan metode bercakap-cakap dengan prosedur yaitu: a) menarik perhatian anak, b) membimbing anak, c) mempersiapkan alat dan bahan, dan d) evaluasi. Prosedur penggunaan metode pemberian tugas yaitu: a) menetapkan sasaran sesuai tema, b) menyiapkan alat dan bahan, c) menetapkan tugas, d) menjelaskan cara mengerjakan tugas, e) membimbing anak, dan f) mengevaluasi. Prosedur penggunaan metode demonstrasi yakni: a) mempersiapkan anak mengikuti kegiatan, b) meminta anak untuk memperhatikan, dan d) mendemonstrasikan kegiatan. Prosedur penggunaan metode bercerita yakni a) mengatur tempat duduk, b) mengembangkan cerita, dan c) mengajukan pertanyaan-pertanyaan tentang isi cerita. Metode gabungan, menggabungkan metode pemberian tugas dengan demonstrasi, dan metode demonstrasi dengan metode bercakap-cakap.
Kata Kunci: metode pembelajaran, nilai agama dan moral
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.