PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MENGGUNAKAN STRATEGI COLLABORATIVE READING AND ALTERNATIVE TEXT PADA SISWA KELAS VIII A SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI (SMP N) 6 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca pemahaman siswa kelas VIII A SMP N 6 Yogyakarta dengan menggunakan strategi Collaborative Reading and Alternative Text.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP N 6 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII A SMP N 6 Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data berupa catatan lapangan, objek/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Collaborative Reading and Alternative Text dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII
A SMP N 6 Yogyakarta. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat berdasarkan kualitas produk dan kualitas proses. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan siswa juga selalu bekerja sama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Peningkatan secara proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk pembelajarn terlihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes pratindakan yang dilaksanakan, kemampuan membaca pemahaman siswa memperoleh rerata 64. Setelah diberi tindakan pada siklus I, perolehan skor rerata kemampuan membaca pemahaman siswa adalah 68.88. Terjadi peningkatan sebesar 4.10 poin. Kemudian pada siklus II, nilai rerata pada siklus ini adalah 81.91. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena rerata nilai kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dibanding dengan nilai pratindakan.
Kata Kunci: membaca pemahaman, collaborative reading
membaca pemahaman siswa kelas VIII A SMP N 6 Yogyakarta dengan menggunakan strategi Collaborative Reading and Alternative Text.
Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas VIII A SMP N 6 Yogyakarta yang berjumlah 34 siswa. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada tiap siklusnya terdapat empat komponen, yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Objek penelitian ini adalah kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII A SMP N 6 Yogyakarta. Teknik
pengumpulan data berupa catatan lapangan, objek/pengamatan, wawancara, dokumentasi, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi Collaborative Reading and Alternative Text dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas VIII
A SMP N 6 Yogyakarta. Peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa dilihat berdasarkan kualitas produk dan kualitas proses. Peningkatan kualitas proses pembelajaran terlihat dari siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan siswa juga selalu bekerja sama dengan teman lain saat memecahkan masalah yang harus dikerjakan dalam kelompok. Peningkatan secara proses pada akhirnya berdampak positif pada peningkatan kualitas produk. Peningkatan kualitas produk pembelajarn terlihat dari hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil tes pratindakan yang dilaksanakan, kemampuan membaca pemahaman siswa memperoleh rerata 64. Setelah diberi tindakan pada siklus I, perolehan skor rerata kemampuan membaca pemahaman siswa adalah 68.88. Terjadi peningkatan sebesar 4.10 poin. Kemudian pada siklus II, nilai rerata pada siklus ini adalah 81.91. Hasil ini menunjukkan bahwa penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena rerata nilai kemampuan membaca pemahaman siswa meningkat dibanding dengan nilai pratindakan.
Kata Kunci: membaca pemahaman, collaborative reading
Full Text:
PDFReferences
Ahuja, Pramila dan Ahuja, G.C.
Membaca Secara
Efektif dan
Efisien.Martiani, Tina.
Bandung: PT Kiblat Buku
Utama.
Bouchard, Margaret. 2005.
Comprehension Strategies
for English Language
Learners. New York:
Boulting House.
Dalman. 2013. Keterampilan
Membaca. Jakarta:
Rajawali Press.
Gulo,W. 2008. Strategi Belajar
Mengajar. Jakarta : PT.
Grasindo.
Kusumah, Wijaya dan Dedi
Dwitagama. 2010.
Mengenal Penelitian
Tindakan Kelas (Edisi
Kedua). Jakarta: PT Indeks.
Wagar, Meaghan Gonzalez. 2008.
“Comprehension Strategies
for Intructing Readers”.
Disertasi (online). Walden
University. Diakss dari
http://search.proquest.com
pada tanggal 20 Januari
Refbacks
- There are currently no refbacks.