PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS DRAMA KELAS XI MIA 5 SMA NEGERI 2 BANTUL
Abstract
komponen utama, yaitu (1)guru, (2)siswa, (3)tujuan pembelajaran, (4)materi pembelajaran, (5)metode pembelajaran, (6)media, serta (7) evaluasi pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MIA 5 SMA Negeri 2 Bantul menjadi subjek penelitian, sedangkan pembelajaran
teks drama menjadi objek penelitiannya. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara pengamatan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif. Analisis data model interaktif melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan ini, dapat diambil tujuh simpulan. Pertama, guru memiliki pengalaman di bidang teater untuk diaplikasikan dalam pembelajaran teks drama, dan guru juga menggunakan games untuk menyampaikan materi. Kedua, siswa memiliki pengalaman yang lebih karena siswa diajak lebih kea rah praktek. Ketiga, tujuan pembelajaran sudah
tercapai sesuai dengan KD dan guru menyampaikan di awal pembelajaran. Keempat, metode yang digunakan guru meliputi metode diskusi, tanya jawab, dan ceramah. Guru lebih memilih metode diskusi dan tanya jawab karena guru ingin merangsang siswa agar lebih aktif dan kreatif serta
melatih keberanian siswa dalam hal menyampaikan pendapat. Ketiga metode tersebut dipadukan dengan menggunakan pendekatan saintifik. Kelima, materi disampaikan guru kepada siswa dengan baik, dan kebanyakn materi yang diberikan kepada lebih diarahkan pada praktek. Keenam, media yang digunakan guru untuk menyampaikan pembelajaran ialah video pementasan drama dan naskah drama serta menggunakan fasilitas sekolah LCD dan proyektor. Guru juga menggunakan naskah
drama untuk menyampaikan materi kepada siswa. Ketujuh, evaluasi diberikan guru kepada siswa menggunakan dua cara, yakni pemberian tugas lisan maupun tertulis, dan dengan ulangan harian. Tugas diberikan pada saat proses pembelajaran berlangsung, sedangkan ulangan harian diberikan kepada siswa setelah semua proses pembelajaran tersampaikan.
Kata kunci: pembelajaran, teks drama
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2003. Proses Belajar
Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Silabus Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia untuk
SMA/SMK/MA. Jakarta:
Departemen Pendidikan Nasional.
Pratiwi, Yuni dan Frida Siswiyanti. 2014.
Teori Drama dan
Pembelajarannya. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Purwahida, Rahmah. 2009. Pembelajaran
Sastra di Kelas X Rintisan
Sekolah Bertaraf Internasional
SMA Negeri 8 Yogyakarta.
Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia Universitas Negeri
Yogyakarta.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Predana Media
Group.
Suryaman, Maman. 2012. Metodologi
Pembelajaran Bahasa.
Yogyakarta: UNY Press.
Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian Sastra.
Yogyakarta : Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.