PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN STRATEGI WORD CLUSTER PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 MINGGIR SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis puisi menggunakan strategi Word Cluster pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Minggir Sleman Yogyakarta. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Minggir Sleman Yogyakarta yang berjumlah 32 siswa. Objek penelitian ini adalah peningkatan keterampilan menulis puisi. Penelitian ini dilakukan dengan tahap penyusunan rencana, tindakan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh dari observasi, wawancara, tes, angket, catatan lapangan, dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Keberhasilan tindakan ditentukan oleh peningkatan proses dan produk.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut. Pertama, peningkatan proses tampak pada perhatian dan antusias siswa terhadap pembelajaran, keaktifan bertanya jawab, dan keaktifan mengerjakan tugas. Peningkatan tersebut terjadi secara bertahap dari pratindakan, siklus I, dan siklus II. Kedua, peningkatan produk dengan strategi Word Cluster dalam menulis puisi dapat dilihat dari karya siswa. Pada pratindakan, rata-rata nilai siswa sebesar 59,69 dengan keterangan masih banyak siswa yang belum mencapai nilai ketuntasan. Pada siklus I, nilai rata-rata siswa naik menjadi 72,71 dengan siswa tuntas sebanyak 7. Selanjutnya, pada
siklus II rata-rata siswa naik menjadi 80,63 dengan ketuntasan 32 siswa.
Kata kunci : keterampilan menulis puisi, strategi Word Cluster, siswa SMP
Full Text:
PDFReferences
Andrina, Yovi Mellia. “Peningkatan
Kemampuan Menulis Puisi
dengan Media Kartu Mimpi
Bergambar pada Siswa
Kelas VIII SMP Negeri 8
Magelang”. Skripsi S1.
Yogyakarta. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Fakultas
Bahasa dan Seni.
Universitas Negeri
Yogyakarta.
Ariastuti, Bisyaroh. 2011.
“Peningkatan Keterampilan
Menulis Puisi Melalui
Kegiatan Sanggar Sastra
pada Siswa Kelas X3 SMA
Negeri 1 Pajangan Bantul”.
Skripsi S1. Yogyakarta.
Jurusan Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia.
Fakultas Bahasa dan Seni.
Universitas Negeri
Yogyakarta.
Cempakasari, Avita. 2013.
“Keefektifan Penggunaan
Strategi Kelompok Kata
(Word Cluster) Dalam
Pembelajaran Menulis
Puisi Pada Siswa Kelas
VIII Smp Negeri2
Kebumen”. Skripsi S1.
Yogyakarta. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Fakultas
Bahasa dan Seni.
Universitas Negeri
Yogyakarta.
Kasran, Mahendra. 2013. “Upaya
Peningkatan Kemampuan
Menulis Puisi Siswa Kelas
X F SMA Negeri 1
Seyegan Kabupaten
Sleman dengan
Memanfaatkan Media Foto
Keindahan Alam”. Skripsi
S1. Yogyakarta. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia. Fakultas
Bahasa dan Seni.
Universitas Negeri
Yogyakarta.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan
Praktik Penelitian
Tindakan. Bandung:
Alfabeta.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung: Angkasa.
Wardhana, Arya Wisnu & Ardi Suryo
Ardianto. 2007.
Menyingkap Rahasia Jadi
Penulis. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Wiesendanger, Katherine D. 2001.
Strategies for Literacy
Education. Ohio: Alfred
University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.