PELAKSANAAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMBACA PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 WEDI KABUPATEN KLATEN PROVINSI JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan: (1) perencanaan pembelajaran keterampilan membaca pada siswa SMP Negeri 1 Wedi Klaten; (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca yang meliputi : media pembelajaran, metode pembelajaran, materi pembelajaran, siswa, guru, dan evaluasi pembelajaran; (3) hambatan-hambatan yang dialami guru dalam melaksanakan pembelajaran keterampilan membaca; (4) upaya yang dilakukan guru di SMP Negeri 1 Wedi Klaten dalam mengatasi hambatan-hambatan pelaksanaan pembelajaran keterampilan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian siswa kelas VII D, E, G, dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia SMP Negeri 1 Wedi Klaten. Data diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kredibilitas data dicapai melalui ketekunan pengamatan dan triangulasi data. Data hasil observasi, wawancara, dan dokumentasi, dianalisis dengan analisis kualitatif. Hasil analisis kualitatif kemudian disimpulkan sesuai
permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran keterampilan membaca yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan KTSP dan silabus. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun secara jelas, terstruktur, dan rinci, (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca mayoritas sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat. Ada beberapa ketidaksesuaian dengan perencanaan seperti guru mayoritas tidak menanyakan kabar dan menanyakan materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya, (3) selama pembelajaran keterampilan membaca ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru, antara lain: motivasi belajar siswa yang
berbeda-beda, pengondisian siswa tidak berjalan lancar, dan keterbatasan bahan ajar dan media, (4) guru berusaha agar pembelajaran keterampilan membaca dapat berjalan dengan baik dan guru menangani hambatan-hambatan pembelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan metode diskusi dan metode demonstrasi untuk
mengondisikan siswa, serta mencari sumber belajar dari berbagai sumber.
Kata Kunci:pelaksanaan, pembelajaran, keterampilan membaca
permasalahan penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) perencanaan pembelajaran keterampilan membaca yang dibuat oleh guru sudah sesuai dengan KTSP dan silabus. Rencana pelaksanaan pembelajaran disusun secara jelas, terstruktur, dan rinci, (2) pelaksanaan pembelajaran keterampilan membaca mayoritas sesuai dengan perencanaan yang sudah dibuat. Ada beberapa ketidaksesuaian dengan perencanaan seperti guru mayoritas tidak menanyakan kabar dan menanyakan materi yang sudah dipelajari pada pertemuan sebelumnya, (3) selama pembelajaran keterampilan membaca ada beberapa hambatan yang dialami oleh guru, antara lain: motivasi belajar siswa yang
berbeda-beda, pengondisian siswa tidak berjalan lancar, dan keterbatasan bahan ajar dan media, (4) guru berusaha agar pembelajaran keterampilan membaca dapat berjalan dengan baik dan guru menangani hambatan-hambatan pembelajaran dengan memberikan motivasi kepada siswa, menggunakan metode diskusi dan metode demonstrasi untuk
mengondisikan siswa, serta mencari sumber belajar dari berbagai sumber.
Kata Kunci:pelaksanaan, pembelajaran, keterampilan membaca
Full Text:
PDFReferences
Aizid, Rizem. 2011. Bisa Baca
Secepat Kilat (Super Quick
Reading). Yogyakarta: Buku
Biru.
Moleong, L.J. 2011. Metodologi
Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya
Nurhadi. 2002. Teknik Jitu Menjadi
Pembaca Terampil.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Sugiyono. 2010. Metodologi
Penelitian Pendidikan
(Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R & D).
Bandung: Aksi
Refbacks
- There are currently no refbacks.