PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA

Ina Kania,

Abstract


Penelitian ini  bertujuan untuk menjelaskan  perencanaan,  pelaksanaan,
dan evaluasi pembelajaran membaca kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta.  
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang
diteliti dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran membaca kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok  Sleman Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Depok  Sleman Yogyakarta. Sumber data diperoleh dari data tertulis dan data aktifitas. Sumber data tertulis meliputi  RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), silabus, serta evaluasi dalam pembelajaran membaca. Sumber data aktivitas meliputi deskripsi aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca.  Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman analisis. Keabasahan data  dilakukan dengan ketekunan observasi dan triangulasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis data deskripsi kualitatif. Analisis data
deskripsi kulitataif meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut:  pertama,  perencanaan
pembelajaran membaca menunjukkan bahwa silabus yang disusun sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).  RPP yang dibuat oleh guru kurang  sesuai dengan standar proses, karena beberapa RPP tidak mencantumkan materi pembelajaran secara rinci dan daftar sumber yang digunakan.  Kedua, pelaksanaan pembelajaran tidak sepenuhnya sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya. Hal tersebut disebabkan waktu pembelajaran Bahasa Indonesia terganggu oleh pembelajaran tapak suci dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
mengikuti pelatihan pembelajaran Bahasa Indonesia.  Ketiga, evaluasi
pembelajaran membaca  sudah sesuai dengan standar penilaian pendidikan.  Evaluasi pembelajaran membaca dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, unjuk kerja, dan penugasan. Evaluasi yang dilaksanakan sesuai dengan evaluasi yang dicantumkan dalam perencanaan pembelajaran.  
 
Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran  membaca

Full Text:

PDF

References


Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional dan Kebudayaan

Republik Indonesia Nomor

Tahun 2013 Tentang

Standar Isi Pendidikan

Dasar dan Menengah.

Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Republik

Indonesia Nomor 20 Tahun

Tentang Standar

Penilaian Pendidikan.

Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Republik

Indonesia Nomor 23 Tahun

Tentang Standar

Kompetensi Lulusan Untuk

Satuan Pendidikan Dasar

dan Menengah. Jakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional.

Peraturan Menteri Pendidikan

Nasional Republik

Indonesia Nomor 41 Tahun

Tentang Standar

Proses Untuk Satuan

Pendidikan Dasar dan

Menengah. Jakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional.

Peraturan Pemerintah Nomor 19

Tahun 2005 Tentang

Standar Nasional

Pendidikan Jakarta:

Departemen Pendidikan

Nasional.

Somadayo, Samsu. 2011. Strategi

dan Teknik Pembelajaran

Membaca. Yogyakarta:

Graha Ilmu.

Sudarmawati dan Wirajaya, Yudha

Kusuma. 2011. Berbahasa

dan Bersastra Indonesia

Untuk SMP/MTs Kelas VIII.

Jakarta: Departemen

Pendidikan Nasional.

Lestari, Ika. 2012. Pengembangan

Bahan Ajar Berbasis

Kompetensi Sesuai dengan

Kurikulum Tingkat Satuan

Pendidikan. Padang:

Akademi Permata.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.