PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MEMBACA PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 2 DEPOK SLEMAN YOGYAKARTA
Abstract
dan evaluasi pembelajaran membaca kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Objek yang
diteliti dalam penelitian ini adalah perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran membaca kelas VIII SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta. Penelitian dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 2 Depok Sleman Yogyakarta. Sumber data diperoleh dari data tertulis dan data aktifitas. Sumber data tertulis meliputi RPP (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), silabus, serta evaluasi dalam pembelajaran membaca. Sumber data aktivitas meliputi deskripsi aktifitas guru dan siswa dalam pembelajaran membaca. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan instrumen pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman analisis. Keabasahan data dilakukan dengan ketekunan observasi dan triangulasi. Teknik analisis data dalam
penelitian ini menggunakan analisis data deskripsi kualitatif. Analisis data
deskripsi kulitataif meliputi tiga tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian adalah sebagai berikut: pertama, perencanaan
pembelajaran membaca menunjukkan bahwa silabus yang disusun sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). RPP yang dibuat oleh guru kurang sesuai dengan standar proses, karena beberapa RPP tidak mencantumkan materi pembelajaran secara rinci dan daftar sumber yang digunakan. Kedua, pelaksanaan pembelajaran tidak sepenuhnya sesuai dengan RPP yang telah dibuat sebelumnya. Hal tersebut disebabkan waktu pembelajaran Bahasa Indonesia terganggu oleh pembelajaran tapak suci dan guru mata pelajaran Bahasa Indonesia
mengikuti pelatihan pembelajaran Bahasa Indonesia. Ketiga, evaluasi
pembelajaran membaca sudah sesuai dengan standar penilaian pendidikan. Evaluasi pembelajaran membaca dilakukan dengan tes tertulis, tes lisan, unjuk kerja, dan penugasan. Evaluasi yang dilaksanakan sesuai dengan evaluasi yang dicantumkan dalam perencanaan pembelajaran.
Kata kunci: perencanaan, pelaksanaan, evaluasi pembelajaran membaca
Full Text:
PDFReferences
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor
Tahun 2013 Tentang
Standar Isi Pendidikan
Dasar dan Menengah.
Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik
Indonesia Nomor 20 Tahun
Tentang Standar
Penilaian Pendidikan.
Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik
Indonesia Nomor 23 Tahun
Tentang Standar
Kompetensi Lulusan Untuk
Satuan Pendidikan Dasar
dan Menengah. Jakarta:
Departemen Pendidikan
Nasional.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Republik
Indonesia Nomor 41 Tahun
Tentang Standar
Proses Untuk Satuan
Pendidikan Dasar dan
Menengah. Jakarta:
Departemen Pendidikan
Nasional.
Peraturan Pemerintah Nomor 19
Tahun 2005 Tentang
Standar Nasional
Pendidikan Jakarta:
Departemen Pendidikan
Nasional.
Somadayo, Samsu. 2011. Strategi
dan Teknik Pembelajaran
Membaca. Yogyakarta:
Graha Ilmu.
Sudarmawati dan Wirajaya, Yudha
Kusuma. 2011. Berbahasa
dan Bersastra Indonesia
Untuk SMP/MTs Kelas VIII.
Jakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Lestari, Ika. 2012. Pengembangan
Bahan Ajar Berbasis
Kompetensi Sesuai dengan
Kurikulum Tingkat Satuan
Pendidikan. Padang:
Akademi Permata.
Refbacks
- There are currently no refbacks.