DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG JAWA TENGAH

Ardi Susila,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik collaborative writing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran saintifik, dan (2) efektivitas teknik  collaborative writing terhadap pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri
1 Muntilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian  yang digunakan adalah  control group pretest posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa teknik collaborative writing  dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks cerita pendek. Teknik pengambilan sampel adalah  cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII E dengan jumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VII H dengan jumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang
digunakan adalah validitas isi dengan  expert judgement. Teknik  pengumpulan data menggunakan tes menulis teks cerita pendek. Hasil uji normalitas menunjukkan data peneltian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1)  terdapat perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan teknik  collaborative writing  dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan model saintifik. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu thitung sebesar  3,264 dengan df sebesar 41 dan nilai P sebesar 0,002. Nilai P lebih kecil
daripada nilai signifikansi 5% (0,000 < 0,05). 2) Teknik collaborative writing efektif dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muntilan. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen, yaitu  thitung  sebesar 9,284 dengan df  sebesar 19 dan diperoleh nilai P 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05).

Kata kunci: keefektifan, teknik collaborative writing, menulis, teks cerita pendek.


Full Text:

PDF

References


Barkley, E. Elizabert dkk. 2012.

Collaborative Learning Techni-

ques: Teknik-Teknik Pembelaja-

ran Kolaboratif (Penterjemah:

Narulita Yusron). Dalam Narulita

Yusron. Bandung: Nusa Media.

Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkat-

kan Kemampuan Menulis. Yogya-

karta: Andi Yogyakarta.

Enre, Fachrudin Ambo. 1988. Dasar-

Dasar Keterampilan Menulis.

Jakarta: Depdikbud.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian

Pembelajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Pranoto, Naning. 2015. Seni Menulis

Cerita Pendek. Jakarta: OPUSS.

Raisska, Pratita Tiara. 2014. Keefek-

tifan Penggunaan Strategi Pola

Konsep Laba-laba dalam Pembe-

lajaran Keterampilan Menulis

Cerpen pada Siswa Kelas XII

SMA Negeri 1 Seyegan, Sleman.

Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Imdonesia, FBS UNY.

Riantika, Amalia. 2014. Upaya Me-

ningkatkan Keterampilan Mengu-

bah Teks Wawancara menjadi

Narasi Menggunakan Strategi Co-

llaborative Writing pada Siswa

Kelas VII SMP Negeri 2

Ngemplak. Skripsi S1. Yogyakar-

ta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia, FBS UNY.

Sayuti, Suminto dkk. 2009. Modul

Menulis Fiksi. Yogyakarta: Juru-

san PBSI, FBS UNY.

Suwarna, Dadan. 2012. Trik Menulis

Puisi, Cerpen, Resensi Buku,

Opini/Esai. Tangerang: Jelajah

Nusa.

Wardhana, Wisnu Arya & Ardi Suryo

Ardianto. 2007. Menyingkap Ra-

hasia Jadi Penulis. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.