DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 MUNTILAN MAGELANG JAWA TENGAH
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan: (1) perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek antara siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan teknik collaborative writing dan siswa yang mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran saintifik, dan (2) efektivitas teknik collaborative writing terhadap pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri
1 Muntilan.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen kuasi. Desain penelitian yang digunakan adalah control group pretest posttest design. Variabel dalam penelitian ini ada dua, yaitu variabel bebas yang berupa teknik collaborative writing dan variabel terikat yaitu kemampuan menulis teks cerita pendek. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII E dengan jumlah 23 siswa sebagai kelompok kontrol dan kelas VII H dengan jumlah 20 siswa sebagai kelompok eksperimen. Validitas yang
digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks cerita pendek. Hasil uji normalitas menunjukkan data peneltian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan varian data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) terdapat perbedaan kemampuan menulis teks cerita pendek yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan teknik collaborative writing dan siswa yang mendapat pembelajaran dengan model saintifik. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu thitung sebesar 3,264 dengan df sebesar 41 dan nilai P sebesar 0,002. Nilai P lebih kecil
daripada nilai signifikansi 5% (0,000 < 0,05). 2) Teknik collaborative writing efektif dalam pembelajaran menulis teks cerita pendek pada siswa kelas VII SMP Negeri 1 Muntilan. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t skor pretest dan posttest kelompok eksperimen, yaitu thitung sebesar 9,284 dengan df sebesar 19 dan diperoleh nilai P 0,000. Nilai P lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05).
Kata kunci: keefektifan, teknik collaborative writing, menulis, teks cerita pendek.
Full Text:
PDFReferences
Barkley, E. Elizabert dkk. 2012.
Collaborative Learning Techni-
ques: Teknik-Teknik Pembelaja-
ran Kolaboratif (Penterjemah:
Narulita Yusron). Dalam Narulita
Yusron. Bandung: Nusa Media.
Darmadi, Kaswan. 1996. Meningkat-
kan Kemampuan Menulis. Yogya-
karta: Andi Yogyakarta.
Enre, Fachrudin Ambo. 1988. Dasar-
Dasar Keterampilan Menulis.
Jakarta: Depdikbud.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Pranoto, Naning. 2015. Seni Menulis
Cerita Pendek. Jakarta: OPUSS.
Raisska, Pratita Tiara. 2014. Keefek-
tifan Penggunaan Strategi Pola
Konsep Laba-laba dalam Pembe-
lajaran Keterampilan Menulis
Cerpen pada Siswa Kelas XII
SMA Negeri 1 Seyegan, Sleman.
Skripsi S1. Yogyakarta: Jurusan
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Imdonesia, FBS UNY.
Riantika, Amalia. 2014. Upaya Me-
ningkatkan Keterampilan Mengu-
bah Teks Wawancara menjadi
Narasi Menggunakan Strategi Co-
llaborative Writing pada Siswa
Kelas VII SMP Negeri 2
Ngemplak. Skripsi S1. Yogyakar-
ta: Jurusan Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, FBS UNY.
Sayuti, Suminto dkk. 2009. Modul
Menulis Fiksi. Yogyakarta: Juru-
san PBSI, FBS UNY.
Suwarna, Dadan. 2012. Trik Menulis
Puisi, Cerpen, Resensi Buku,
Opini/Esai. Tangerang: Jelajah
Nusa.
Wardhana, Wisnu Arya & Ardi Suryo
Ardianto. 2007. Menyingkap Ra-
hasia Jadi Penulis. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Refbacks
- There are currently no refbacks.