PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPS MENGGUNAKAN METODE LATIHAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL DIY

Nurlita Dyah Rachmani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  peningkatan keterampilan
menulis teks deskripsi menggunakan metode latihan terbimbing berbantuan media video pembelajaran siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sanden, Bantul, DIY.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggrat yang terdiri dari empat proses penelitian, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting).  Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket,
wawancara, dan tes.  Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk atau hasil. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk.  
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks deskrispi siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Sanden. Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa dapat dilihat dari meningkatnya aspek pada proses pembelajaran yaitu: (1) perhatian siswa terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi, (2) antusias siswa saat pembelajaran menulis teks deskripsi, (3) keaktifan bertanya jawab siswa, (4) keaktifan mengerjakan tugas, (5) ketepatan  waktu siswa saat mengumpulkan tugas. Peningkatan proses pembelajaran ini juga meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata menulis teks deskripsi siswa dari tahap pratindakan sampai siklus II. Nilai rata-rata menulis teks deskripsi pada tahap pratindakan sebesar 58.43. Rata-rata siklus 1 sebesar 65.44. Nilai rata-rata siklus II sebesar 77,45. Dari tahap pratindakan ke siklus II nilai siswa meningkat sebesar 19.
 
Kata kunci : menulis teks deskripsi, metode latihan terbimbing, media video  pembelajaran.

Full Text:

PDF

References


Daryanto. 2010. Media

Pembelajaran Peranannya

Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujaun

Pembelajaran. Yogyakarta:

Gava Media.

Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi

Bahasa Indonesia Untuk

Mahasiswa Non Jurusan

Bahasa. Jakarta: Diksi Insan

Mulia. Imam Maliki. 1999.

Pembinaan Bahasa dan Sastra

Indonesia.Surabaya: Usaha

Nasional.

Iskandarwassid & Sunendar. 2011.

Strategi Pembelajaran

Bahasa. Bandung: SPUPI &

PT Remaja Rosdakarya

Offset.

Jabrohim, Suminto A. Sayuti dan

Chairil Anwar. 2003. Cara

Menulis Kreatif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Kartono, dkk. 2009. Pengembangan

Materi Guru Sekolah Dasar.

Surakarta: Mata Padi

Pressindo.

Knapp, Peter. & Megan Watkins.

Genre, Text and

Grammar. Sidney: University

of New South Wales.

Komaidi & Wijayati. 2011. Panduan

Lengkap PTK: Teori, Praktik,

dan Contoh PTK.

Yogyakarta: Sabda Media.

Kuncoro, Mudrajad.2009.Mahir

Menulis.Jakarta:Erlangga.

Kustandi, Cecep dan Bambang

Sutjipto. 2013. Media

Pembelajaran Manual dan

Digital Edisi Kedua. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Nurgiyantoro, Burhan. 2012.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE.

Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil

Menulis: Cara Mudah dan

Pakaktis dalam Menulis.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rofi’uddin, dkk. 2001. Pendidikan

Bahasa dan Sastra Indonesia

di Kelas Tinggi. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Rosdiana, dkk. Bahasa dan Sastra

Indonesia di SD. 2008.

Jakarta: Universiatas

Terbuka.

Sadiman, Arief S. 2009. Media

Pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Sadiman, Arief S. 2010. Media

Pendidikan. Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Santana K, Septiawan. 2007.

Menulis Itu Ibarat Ngomong.

Jakarta: PT Kawan Pustaka.

Semi, M.Atar. 2007. Dasar-Dasar

Keterampilan Menulis.

Bandung: Angkasa.

Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari

Mahir Menulis. Yogyakarta:

Syura Media Utama.

Subana, & Sunarti. 2000. Strategi

Belajar Mengajar Bahasa

Indonesia. Bandung: Pustaka

Setia.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukiman. 2012. Pengembangan

Media

Pembelajaran.Yogyakarta:

Pedagogia.

Suryanto, Alex dan Agus Haryanta.

Panduan Belajar

Bahasa dan Sastra

Indonesia. Tanggerang:

Erlangga.

Wiriaatmadja, Rochiati. 2012.

Metode Penelitian Tindakan

Kelas. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Wiyanto, Asul.2002. Terampil

Bermain Drama. Jakarta: PT

Grasindo.

Zainurrahman. 2011. Menulis Dari

Teori Hingga Praktik

(Penawar Racun

Plagiarisme). Bandung:

Alvabeta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.