PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS DESKRIPS MENGGUNAKAN METODE LATIHAN TERBIMBING BERBANTUAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN SISWA KELAS VII A SMP NEGERI 2 SANDEN BANTUL DIY
Abstract
menulis teks deskripsi menggunakan metode latihan terbimbing berbantuan media video pembelajaran siswa kelas VII A SMP Negeri 2 Sanden, Bantul, DIY.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggrat yang terdiri dari empat proses penelitian, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting). Prosedur pelaksanaan dan implementasi di lokasi penelitian terbagi dalam dua siklus. Data diperoleh dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket,
wawancara, dan tes. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk atau hasil. Kriteria keberhasilan penelitian ini dilihat dari adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk.
Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis teks deskrispi siswa Kelas VII A SMP Negeri 2 Sanden. Peningkatan keterampilan menulis teks deskripsi siswa dapat dilihat dari meningkatnya aspek pada proses pembelajaran yaitu: (1) perhatian siswa terhadap pembelajaran menulis teks deskripsi, (2) antusias siswa saat pembelajaran menulis teks deskripsi, (3) keaktifan bertanya jawab siswa, (4) keaktifan mengerjakan tugas, (5) ketepatan waktu siswa saat mengumpulkan tugas. Peningkatan proses pembelajaran ini juga meningkatkan hasil pembelajaran siswa. Peningkatan hasil dapat dilihat dari nilai rata-rata menulis teks deskripsi siswa dari tahap pratindakan sampai siklus II. Nilai rata-rata menulis teks deskripsi pada tahap pratindakan sebesar 58.43. Rata-rata siklus 1 sebesar 65.44. Nilai rata-rata siklus II sebesar 77,45. Dari tahap pratindakan ke siklus II nilai siswa meningkat sebesar 19.
Kata kunci : menulis teks deskripsi, metode latihan terbimbing, media video pembelajaran.
Full Text:
PDFReferences
Daryanto. 2010. Media
Pembelajaran Peranannya
Sangat Penting Dalam
Mencapai Tujaun
Pembelajaran. Yogyakarta:
Gava Media.
Finoza, Lamuddin. 2009. Komposisi
Bahasa Indonesia Untuk
Mahasiswa Non Jurusan
Bahasa. Jakarta: Diksi Insan
Mulia. Imam Maliki. 1999.
Pembinaan Bahasa dan Sastra
Indonesia.Surabaya: Usaha
Nasional.
Iskandarwassid & Sunendar. 2011.
Strategi Pembelajaran
Bahasa. Bandung: SPUPI &
PT Remaja Rosdakarya
Offset.
Jabrohim, Suminto A. Sayuti dan
Chairil Anwar. 2003. Cara
Menulis Kreatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Kartono, dkk. 2009. Pengembangan
Materi Guru Sekolah Dasar.
Surakarta: Mata Padi
Pressindo.
Knapp, Peter. & Megan Watkins.
Genre, Text and
Grammar. Sidney: University
of New South Wales.
Komaidi & Wijayati. 2011. Panduan
Lengkap PTK: Teori, Praktik,
dan Contoh PTK.
Yogyakarta: Sabda Media.
Kuncoro, Mudrajad.2009.Mahir
Menulis.Jakarta:Erlangga.
Kustandi, Cecep dan Bambang
Sutjipto. 2013. Media
Pembelajaran Manual dan
Digital Edisi Kedua. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Nurgiyantoro, Burhan. 2012.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta: BPFE.
Pujiono, Setyawan. 2013. Terampil
Menulis: Cara Mudah dan
Pakaktis dalam Menulis.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Rofi’uddin, dkk. 2001. Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
di Kelas Tinggi. Malang:
Universitas Negeri Malang.
Rosdiana, dkk. Bahasa dan Sastra
Indonesia di SD. 2008.
Jakarta: Universiatas
Terbuka.
Sadiman, Arief S. 2009. Media
Pendidikan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Sadiman, Arief S. 2010. Media
Pendidikan. Jakarta: PT Raja
Grafindo Persada.
Santana K, Septiawan. 2007.
Menulis Itu Ibarat Ngomong.
Jakarta: PT Kawan Pustaka.
Semi, M.Atar. 2007. Dasar-Dasar
Keterampilan Menulis.
Bandung: Angkasa.
Soebachman, Agustina. 2014. 4 Hari
Mahir Menulis. Yogyakarta:
Syura Media Utama.
Subana, & Sunarti. 2000. Strategi
Belajar Mengajar Bahasa
Indonesia. Bandung: Pustaka
Setia.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukiman. 2012. Pengembangan
Media
Pembelajaran.Yogyakarta:
Pedagogia.
Suryanto, Alex dan Agus Haryanta.
Panduan Belajar
Bahasa dan Sastra
Indonesia. Tanggerang:
Erlangga.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2012.
Metode Penelitian Tindakan
Kelas. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Wiyanto, Asul.2002. Terampil
Bermain Drama. Jakarta: PT
Grasindo.
Zainurrahman. 2011. Menulis Dari
Teori Hingga Praktik
(Penawar Racun
Plagiarisme). Bandung:
Alvabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.