UPAYA MENINGKATKAN PEMBELAJARAN KETERAMPILAN MEMENTASKAN DRAMA DENGAN MENGGUNAKAN METODE EXPERIENTIAL LEARNING PADA SISWA KELAS XI IPA 3 SMAN 3 BANTUL
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan mementaskan drama dengan menggunakan metode experiential learning pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3Bantul. Metode experiential learning merupakan metode yang mengutamakanpembelajaran keterampilan mementaskan drama dalam bentuk latihan secara praktik.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau classroom action research (CAR) yang melalui empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian dilakukan selama dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul. Penelitian difokuskan pada permasalahan meningkatkan keterampilan mementaskan drama dengan metode experiential learning. Teknik
pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan, pengisian angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik untuk mencapai kredibilitas penelitian menggunakan validitas dan reliabilitas. Validitas yang digunakan terdiri dari validitas demokratik, validitas hasil, validitas proses, dan validitas dialogik. Teknik reabilitas menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, transkrip wawancara, dan angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode experiential learning dalam pembelajaran drama dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran dan keterampilan mementaskan drama pada siswa kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul. Jumlah nilai rata-rata proses pembelajaran dari pratindakan (48,15) hingga siklus II (84,45) mengalami peningkatan sebesar sebesar 36,3%. Jumlah nilai rata-rata praktik dari siklus I
(61,16) hingga siklus II (84,4) mengalami peningkatan sebesar sebesar 23,17%. Dengan demikian, penerapan metode experiential learning dalam pembelajaran drama di kelas XI IPA 3 SMAN 3 Bantul dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran drama dengan persentase 36,3%, dan keterampilan siswa dalam mementaskan drama dengan persentase 23,17%.
Kata kunci: pembelajaran, mementaskan, drama, metode, experiential learning.
Full Text:
PDFReferences
Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni.
Teori Belajar dan
Pembelajaran. Yogyakarta:
Ar-Ruzz Media
Bath, V. 2002. Experiential Lerning:
A Handout for Teacher
Educators Mysue: Institute
of Education. Journal of
Experiential Learning.
Diakses dari
http://www.ja.org/experienti
allearningineducation
Juni 2016, pukul 22.05 WIB
Endraswara, Suwardi. 2011. Metode
Pembelajaran Drama.
Yogyakarta: CAPS.
Harymawan, RMA. 1993.
Dramaturgi. Bandung:
Remaja Rosdyakarya.
Kolb, David A dan Ricard E.
Boyatzis. 1984. Experiental
Learning Theory: Previous
Research and New
Direction. Cleveland: Case
Western Reserve
University.
Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan
Praktik Penelitian Tindakan
(Action research). Bandung:
Alfabeta.
Moon, A. Jennifer. 2004. A
Handbook of Reflective and
Experiential Learning:
Theory and Practice.
London: Routledgefalmer.
Noor, Rohimah M. 2001. Pendidikan
Karakter Berbasis Sastra
Solusi Moral yang Efektif.
Yogyakarta: Ar-Ruzz
Media.
Nurgiyantoro, Burhan. 2001.
Penilaian dalam
Pengajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Rahmanto. 1992. Metode
Pembelajaran Sastra.
Yogyakarta: Pustaka
Pelajar.
Riantiarno, N. 2011. Kitab Teater
Tanya Jawab Seputar Seni
Pertunjukan. Jakarta:
Grasindo.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Tindakan Kelas. Surabaya:
Insan Cendekia.
Suprijono, Agus. 2011. Cooperative
Learning Teori dan Aplikasi
Paikem. Yogyakarta :
Pustaka Pelajar.
Waluyo, Herman J. 2002. Drama
Teori dan Pengajarannya.
Yogyakarta: PT Hanindita
Graha Widya Yogyakarta.
Jakarta: Kencana Prenada
. 2007. Drama Naskah,
Media Grup.
Santosa, Eko. 2008. Bahan Ajar Seni
Teater. Makalah.
Yogyakarta: Departemen
Pendidikan Nasional.
Silviani, Ria. 2013.Upaya
Meningkatkan Keterampilan
Mementaskan Drama
dengan Menggunakan
Metode Theater Game pada
Siswa kelas XI Bahasa 2
Wonosari Gunungkidul.
Skripsi SI. Yogyakarta:
Program Studi Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia
UNY.
Soemanto, Bakdi. 2001. Jagat
Teater. Yogyakarta: Media
Pressindo.
Sudjana, Nana. 2005. Teknik-teknik
Pembelajaran Partisipatif.
Bandung: Falah.
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan
R&D. Bandung: Alfabeta
Sukidin, Basrowi dan Suranto. 2008.
Manajemen Penelitian
Pementasan, dan
Pengajarannya. Surakarta:
UNS Press.
Wiyanto, Asul. 2002. Terampil
Bermain Drama. Jakarta: PT
Grasindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.