PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MENULIS SURAT DINAS SISWA KELAS VII SMP NEGERI 5 YOGYAKARTA

Nurul Fadhilah,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis surat dinas Kelas VII yang dilakukan di SMP Negeri 5 Yogyakarta.
Pada penelitian ini, pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis ditinjau dari beberapa komponen  pembelajaran, yaitu (1) strategi pembelajaran menulis surat dinas Kelas VIII, (2) media pembelajaran menulis surat dinas, (3) evaluasi pembelajaran menulis.  
Jenis pendekatan penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru mata pelajaran bahasa Indonesia, siswa kelas VII A dan VII B SMP Negeri 5 Yogyakarta, sedangkan objek penelitiannya adalah pelaksanaan pembelajaran menulis surat dinas di SMP Negeri 5 Yogyakarta yang meliputi strategi, media, dan evaluasi pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi
partisipatif, wawancara, angket dan analisis dokumen. Keabsahan dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi. Data dianalisis dengan langkah reduksi data, penyajian data, dan tahap simpulan, atau verifikasi.

Hasil penelitian menunjukan hal-hal berikut.  Pertama, strategi pembelajaran yang diterapkan guru dalam pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis surat dinas siswa kelas VII adalah strategi inkuiri dan strategi kooperatif. Kedua, media pembelajaran keterampilan menulis surat dinas Kelas VII yaitu media visual yang tidak diproyeksikan
dan media visual yang diproyeksikan. Media visual yang tidak diproyeksikan berupa papan tulis, laptop, print out contoh surat dinas. Media visual yang diproyeksikan berupa LCD. Ketiga, evaluasi pembelajaran menulis surat dinas Kelas VII yang digunakan yaitu
evaluasi teknik tes dan teknik nontes. Evaluasi teknik tes berupa tes tertulis, sedangkan evaluasi teknin nontes berupa pengamatan, penugasan, penilaian diri, dan penilaian antar teman. Penilaian otentik juga digunakan untuk menilai proses pembelajaran dan hasil tulisan siswa.
 
Kata kunci: pembelajaran, menulis surat dinas.  


Full Text:

PDF

References


Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad,

dan Sakura H. Ridwan.

Pembinaan

Kemampuan Menulis

Bahasa Indonesia. Jakarta:

Erlangga.

.

Arsyad, Azhar. 2011. Media

Pembelajaran. Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Dalman, H. 2015. Keterampilan

Menulis. Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Darma, Aliah Yoce dan E. Kosasih.

Menulis Surat Dinas

Lengkap. Bandung: Yrama

Widya.

Daryanto. 2010. Evaluasi

Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan

Zain. 2010. Strategi

Belajar Mengajar. Jakarta:

Rineka Cipta.

Djuharie, O. Setiawan dkk. 2001.

Surat-Menyurat

Serbaguna. Bandung:

Yrama Widya

Iskandarwassid dan Dadang

Sunendar. 2008. Strategi

Pembelajaran Bahasa.

Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Majid, Abdul. 2013. Strategi

Pembelajaran. Bandung:

Rosdakarya.

Musfiroh, Tadkiroatun, 2016.

Psikolinguistik

Edukasional;

Psikolinguitik untuk

Pendidikan Bahasa.

Yogyakarta: Tiara

Wacana.

Nurgiyantoro, Burhan. 2010.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta:

BPFE.

Rahardi, R. Kunjana. 2009. Aturan

Pembuatan dan

Pemakaian Bahasa Surat

Dinas. Yogyakarta:

Pustaka Book Publisher

Sabariyanto, Dirgo. 1998. Bahasa

Surat Dinas. Yogyakarta:

Mitra Gama Widya.

Saddhono, Kundharu dan St. Y.

Slamet. 2014.

Pembelajaran

Keterampilan Berbahasa

Indonesia; Teori dan

Aplikasi Edisi 2.

Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sadiman, Arif S. dkk. 2008. Media

Pendidikan Pengertian,

Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Sagala, Syaiful. 2014. Konsep dan

Makna Pembelajaran.

Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. 2012. Strategi

Pembelajaran

Berorientasi Standar

Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada

Media Grup

Silmi, Sikka Mutiara. 2004. Panduan

Menulis Surat Lengkap.

Yogyakarta: Absolut.

Soedjito & Solchan. 2014. Surat

Menyurat Resmi Bahasa

Imdonesia. Surakarta:

Yuma Pustaka

Sufanti, Main. 2010. Strategi

Pengajaran Bahasa dan

Sastra Indonesia.

Surakarta: Yuma Pustaka.

Sugiyono, A. 2014. Metode

Penelitian Pendidikan

Pendekatan Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suparno dan Muhammad Yunus.

Keterampilan Dasar

Menulis. Jakarta:

Universitas Terbuka.

Suryaman, Maman. 2012.

Metodologi Pembelajaran

Bahasa. Yogyakarta: UNY

Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.