PELAKSANAAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER BERBASIS MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP/MTS NEGERI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kegiatan ekstrakurikuler berbasis mata pelajaran bahasa Indonesia, mendeskripsikan pelakasanaan dan pengelolaan kegiatan ekstrakurikuler, mendeskripsikan ragam produk hasil kegiatan ekstrakurikuler berbasis mata pelajaran bahasa Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian survey.Subjek dalam penelitian ini meliputi pebimbing ekstrakurikuler, pendamping kegiatan, peserta kegiatan, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah.Lokasi peneletian yaitu SMP/MTS Negeri yang ada di wilayah Kotamadya Magelang. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar
pengamatan, daftar pertanyaan wawancara, dan analisis dokumen kegiatan.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif-kuantitatif. Jenis-jenis dari kegiatan ekstrakurikuler berbasis mata pelajaran bahasa Indonesia adalah ekstrakurikuler jurnalistik, ekstrakurikuler majalah dinding(mading), ekstrakurikuler buletin, dan ekstrakurikuler teater. Pelaksanaan kegiatan tersebut secara resmi berada di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah.Materi ekstrakurikuler tidak jauh berbeda dengan materi yang ada pada pelajaran bahasa Indonesia. Ragam produk ekstrakurikuler tersebut antara lain sebagai berikut. Pertama, ekstrakurikuler jurnalistik menghasilkan produk yang berupa pembuatan mading, majalah sekolah, dan pembinaan bagi siswa yang akan mengikuti perlombaan. Kedua, ekstrakurikuler majalah dinding menghasilkan produk majalah dinding yang terbit setiap bulannya.Ketiga, ekstrakurikuler buletin menghasilkan
produk buletin sekolah sebagai produk jangka pendek dan majalah sekolah sebagai produk jangka panjang.Keempat, ekstrakurikuler teater yang menghasilkan produk berupa pertunjukan teater setiap perpisahan sekolah dan penyambutan siswa baru, serta mengadakan pertunjukan untuk memperingati hari besar nasioal.
Kata kunci: kegiatan ekstrakurikuler, ekstrakurikuler berbasis mata pelajaran bahasa Indonesia
Penelitian ini merupakan penelitian survey.Subjek dalam penelitian ini meliputi pebimbing ekstrakurikuler, pendamping kegiatan, peserta kegiatan, guru mata pelajaran, dan kepala sekolah.Lokasi peneletian yaitu SMP/MTS Negeri yang ada di wilayah Kotamadya Magelang. Instrumen yang digunakan dalam pengambilan data adalah lembar
pengamatan, daftar pertanyaan wawancara, dan analisis dokumen kegiatan.Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif-kuantitatif. Jenis-jenis dari kegiatan ekstrakurikuler berbasis mata pelajaran bahasa Indonesia adalah ekstrakurikuler jurnalistik, ekstrakurikuler majalah dinding(mading), ekstrakurikuler buletin, dan ekstrakurikuler teater. Pelaksanaan kegiatan tersebut secara resmi berada di bawah tanggung jawab Kepala Sekolah.Materi ekstrakurikuler tidak jauh berbeda dengan materi yang ada pada pelajaran bahasa Indonesia. Ragam produk ekstrakurikuler tersebut antara lain sebagai berikut. Pertama, ekstrakurikuler jurnalistik menghasilkan produk yang berupa pembuatan mading, majalah sekolah, dan pembinaan bagi siswa yang akan mengikuti perlombaan. Kedua, ekstrakurikuler majalah dinding menghasilkan produk majalah dinding yang terbit setiap bulannya.Ketiga, ekstrakurikuler buletin menghasilkan
produk buletin sekolah sebagai produk jangka pendek dan majalah sekolah sebagai produk jangka panjang.Keempat, ekstrakurikuler teater yang menghasilkan produk berupa pertunjukan teater setiap perpisahan sekolah dan penyambutan siswa baru, serta mengadakan pertunjukan untuk memperingati hari besar nasioal.
Kata kunci: kegiatan ekstrakurikuler, ekstrakurikuler berbasis mata pelajaran bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Kemendikbud. 2014. “Peraturan Menteri
Pendidikan dan Kebudayaan
Republik Indonesia Nomor 62
Tahun 2014 Tentang Kegiatan
Ekstrakurikuler Pada Pendidikan
Dasar Dan Pendidikan Menengah”.
Nurcahyo, Fathan. 2013. “Pengelolaan
dan Pengembangan Kegiatan
Ekstrakurikuler Olahraga Di
SMA/MAN/Sederajat Se-
Kabupaten Sleman”. E-Jurnal
(online). Volume 9, Nomor 2,
November 2013. Diakses dari
http://ejurnal.uny.ac.id/pada 3 Juli
Retnowati, Saidiharjo, Sri
Sumardiningsih, dan Wuradji.
Panduan Penelitian Survei.
Yogyakarta: LP UNY.
Saputra, Yudha M. 1998. Pengembangan
Kegiatan Ko dan Ekstrakurikuler.
Jakarta: Depdikbud.
Sundayana, Wachyu. 2014. Pembelajaran
Berbasis Tema Panduan Guru
dalam Pembelajaran Terpadu.
Jakarta: Erlangga.
Sutari. 1997. Menyimak. Jakarta:
Depdikbud.
Refbacks
- There are currently no refbacks.