PENGGUNAAN KALIMAT TANYA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VII SMP N 8 YOGYAKARTA
Abstract
tanya dalam pembelajaran bahasa Indonesia di SMP N 8 Yogyakarta.
Pendeskripsian penggunaan kalimat tanya ini didasarkan pada menurut
Taksonomi Bloom dan penanda setiap jenis kalimat tanya yang digunakan oleh guru dalam kegiatan awal, tengah, dan akhir pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah
guru bahasa Indoensia yang berjumlah satu orang. Objek yang diteliti yaitu penggunaan kalimat tanya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Data hasil observasi berisi tentang deskripsi hasil pengamatan penggunaan kalimat tanya dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Data tersebut berupa jenis kalimat tanya yang digunakan oleh guru dalam kegiatan awal, tengah, dan akhir pembelajaran Bahsa Indoneisa. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif kualitatif dengan tiga alur yang bersamaan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan
penarikan kesimpulan. Uji keabsahan data dilakukan dengan ketekunan
pengamatan dan triangulasi teknik pengumpulan data.
Pada pembelajaran Bahasa Indonesia guru telah menggunakan jenis
pertanyaan ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Ranah kognitif berupa pertanyaan tingkatan lebih rendah (pertanyaan pengetahuan, pertanyaan pemahaman, pertanyaan penerapan) dan pertanyaan tingkatan lebih tinggi (pertanyaan analisis, pertanyaan sintesis, pertanyaan evaluasi). Hal tersebut ditunjukkan melalui data kualitatif yang berupa fakta-fakta di lapangan. Guru menggunakan jenis kalimat tanya yang berbeda-beda pada awal pembelajaran, tengah dan akhir.
Kata kunci: kalimat tanya, pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Asril, Zainal. 2011. Micro Teaching:
disertai dengan pedoman
pengalaman lapangan. Jakarta:
Rajawali Press.
Beni. 2008. “Keterampilan Bertanya
Dasar dan Lanjut”.
http://keterampilanbertanyadas
ardanlanjut%beniweblog_files/
jquery.js . Diunduh 15 Januari
Depdikbud. 1998. Kalimat Tanya
dalam Bahasa Jawa. DIY.
Proyek Pembinaan Bahasa dan
Sastra Indonesia dan Daerah.
Departemen Pendidikan Nasional.
Tata Bahasa Deskriptif.
Jakarta: DEPDIKNAS.
Fokker, A.A. 1979. Sintaksis
Indonesia. Terjemahan
Djonhar. Jakarta: Pradnya
Paramita.
Moleong, Lexy J. 2005. Metodologi
Penelitian Kualitatif. Bandung:
Remaja Rosdakarya Offset.
Orlich, Donal C., dkk. 2010.
TEACHING STRATEGIES: A
Guide to Effective Instruction.
Edisi Sembilan. United States
Of Amerika: Wadsworth
Cengange Learning.
Sugiyono. 2011. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan
R&D. Bandung: Alfabeta.
Wartono. 2003. Keterampilan Dasar
Mengajar. Malang: Universitas
Kanjuruhan Malang.
Zuchdi, Darmiyati. 1994. Metode
Penelitian Kualitatif. Makalah.
Yogyakarta: Universitas Neger
Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.