PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS NASKAH DRAMA MELALUI MEDIA VIDEO KLIP LAGU PADA SISWA KELAS XI IPS MA MA’ARIF AL-FALAH PONOROGO

Dwistya Putri Verdiani,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan keterampilan
menulis naskah drama siswa kelas XI IPS MA Ma’Arif Al-Falah Ponorogo
menggunakan media video klip lagu.  
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan model
Kemmis dan Mc Taggrat yang terdiri dari  empat komponen, yaitu perencanaan (planning), tindakan (action), pengamatan (observasing), dan refleksi (reflecting).
Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS.  Tindakan dalam penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus.  Pengumpulan data diperoleh melalui angket, catatan lapangan, dan lembar pengamatan. Teknik analisis data berupa deskriptif kualitatif yang mencakup analisis data proses dan analisis data produk atau hasil.
Data kuantitatif dievaluasi dengan menggunakan pedoman  penilaian penulisan naskah drama.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terdapat peningkatan
pelaksanaan proses pembelajaran pada  antusias siswa yang termotivasi untuk menulis naskah drama agar lebig baik menggunakan media video klip lagu. Sedangkan peningkatan hasil  menunjukan bahwa siklus pertama belum memperoleh skor yang memuaskan. Nilai rata-rata menulis naskah drama siswa pada tahap pratindakan adalah  61,66 kemudian pada siklus I mengalami peningkatan rata-rata menjadi 72,70.  Nilai tersebut menunjukkan adanya peningkatan hasil menulis naskah drama siswa tetapi belum sesuai dengan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang telah ditentukan yaitu 75  dan pada siklus II telah mencapai skor yang cukup memuaskan dengan nilai rata-rata 80,92.
 
Kata kunci: keterampilan menulis, naskah drama, video klip lagu, siswa MA.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi, dkk. 2006.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi

Aksara.

Arsyad, Azhar. 2002. Media

Pembelajaran. Jakarta: PT

Raja Grafindo Persada.

Darmadi, Kaswan. 1996.

Meningkatkan Kemampuan

Menulis. Yogyakarta: Andi

Offset.

Daryanto. 2010. Media

Pembelajaran (Peranannya

Sangat Penting Dalam

Mencapai Tujuan

Pembelajaran). Yogyakarta:

Gava Media.

Depdiknas. 2003. Standar

Kompetensi Mata Pelajaran

Bahasa dan Sastra

Indonesia SMA dan MA.

Jakarta: Depdiknas.

Diyamti dan Mudjiono. 2002.

Belajar dan Pembelajaran.

Jakarta: Rineka Cipta.

Firmansyah. Yossy. 2011.

Peningkatan Kemampuan

Menulis Kreatif Naskah

Drama dengan Menggunakan

Media Video Klip Musik Pop

untuk Siswa

Kelas VIII-G SMP Negeri 2

Malang. Skripsi tidak

diterbitkan. Malang:

Universitas Negeri Malang.

Harymawan, RMA. 1993.

Dramaturgi. Bandung: BIT

PT Remaja Rosdakarya.

Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan

Praktik Penelitian Tindakan.

Bandung: Alfabeta.

Moleong, Lexy. 2000. Metodologi

Penelitian Kualitatif.

Bandung: Rosdakarya.

Nurhadi, dkk. 2004. Pembelajaran

Kontekstual dan

Penerapannya dalam KBK.

Malang. Fakultas Sastra UM.

Nurgiyantoro, Burhan. 2002. Teori

Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Sadiman, Arief dkk. 2009. Media

Pendidikan (Pengertian,

Pengembangan, dan

Pemanfaatannya). Jakarta:

Rajawali Pers.

Sayuti, Suminto A. 2000. Berkenalan

dengan Prosa Fiksi.

Yogyakarta: Gama Media.

Tarigan, Henry Guntur. 1994.

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung: Angkasa.

Tim Penyusun Panduan Tugas Akhir.

Panduan Tugas Akhir.

Yogyakarta: Fakultas Bahasa

dan Seni Universitas Negeri

Yogyakarta.

Waluyo, Herman J. 2001. Drama

“Teori Pembelajarannya”.

Yogyakarta: PT.

Hanindita Graha Widya

Yogyakarta.

Wisni, Nugrahaningtyas. 2011.

“Peningkatan Menulis

Naskah Drama Melalui

Media Video Pementasan

Drama di Kelas XI IPA 2

SMA Piri I Yogyakarta”.

Yogyakarta: Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia; Fakultas Bahasa

dan Seni, Universitas Negeri

Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.