PROFIL DESKRIPSI PERBANDINGAN ANTAR STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DALAM KTSP 2006, K 2013, DAN K 2013 EDISI REVISI 2016 SESUAI DENGAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) konsep KTSP 2006,
Kurikulum 2013, dan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 sesuai dengan
implementasi pembelajaran bahasa Indonesia, (2) perbedaan dan persamaan di antara ketiga kurikulum tersebut, dan (3) kelebihan dan kekurangan atas perubahan yang terjadi pada ketiga kurikulum.
Kajian ini merupakan penelitian kualitatif dengan menggunakan
pendekatan analisis konten yang mencakup 4 standar pendidikan nasional yaitu (a) Standar Kompetensi Lulusan, (b) Standar Isi, (c) Standar Proses, dan (d) Standar Penilaian. Dalam penelitian ini, validitas yang digunakan adalah triangulasi data.
Penelitian ini menunjukkan (1) implementasi pembelajaran bahasa
Indonesia pada KTSP berpedoman pada Permendiknas No. 23 Tahun 2006, No. 22 Tahun 2006, No. 41 Tahun 2007, dan No. 20 Tahun 2007. Sementara dalam Kurikulum 2013, berpedoman pada Permendikbud No. 54, 64, 65, 66 dan 69 Tahun 2013.Selain itu,implementasi Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 berpedoman pada Permendikbud No. 20, 21, 22, 23, dan 24 Tahun 2016. (2) Perubahan kurikulum dari KTSP menjadi Kurikulum 2013 menghasilkan lebih banyak perbedaan dari pada perubahan Kurikulum 2013 menjadi Kurikulum 2013
Edisi Revisi 2016. (3) Karakteristik dari KTSP adalah pembelajaran yang bersifat otonom pada setiap satuan pendidikan serta menggunakan pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Sementara karakteristik dari pembelajaran Kurikulum 2013 dan Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 adalah pembelajaran bersifat tematik-terpadu serta keseimbangan antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Dalam pembelajaran bahasa Indonesia, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan fungsional serta berbasis teks. (4) Kurikulum
2013 Edisi Revisi 2016 merupakan kurikulum yang memiliki sedikit kelemahan dibanding dua kurikulum sebelumnya.
Kata kunci: Perbandingan, Kurikulum, KTSP, Kurikulum 20013, Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian. Jakarta: Rineka
Cipta.
Iskandarwassid, Sunendar. 2008.
Strategi Pembelajaran Bahasa.
Bandung: Rosdakarya
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 22 Tahun
tentang Standar Isi.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 41 Tahun
tentang Standar Proses.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 20 Tahun
tentang Standar
Penilaian.
Peraturan Menteri Pendidikan
Nasional Nomor 23 Tahun
tentang Standar
Kompetensi Lulusan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 54 Tahun
tentang Standar
Kompetensi Lulusan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 65 Tahun
tentang Standar Proses.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 64 Tahun
tentang Standar Isi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 66 Tahun
tentang Standar
Penilaian.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 20 Tahun
tentang Standar
Kmpetensi Lulusan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 21 Tahun
tentang Standar Isi.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 22 Tahun
tentang Standar Proses.
Peraturan Menteri Pendidikan dan
Kebudayaan Nomor 23 Tahun
tentang Standar
Penilaian.
Yulalawati, Ella. 2004. Kurikulum
dan Pembelajaran (Filosofi,
Teori, dan Aplikasi). Bandung:
Pakar Raya.
Refbacks
- There are currently no refbacks.