PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS X AGAMA-1 MAN GODEAN, SLEMAN, DIY

Mirtasari Lia Prastiwi,

Abstract


Penelitian  ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi
dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas X  Agama-1 MAN Godean, Sleman.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) atau  classroom
action reasearch.  Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Agama-1 MAN Godean, Sleman  yang terdiri atas 27 siswa.  Dalam pelaksanaannya, penelitian tindakan kelas ini terdiri dari pratindakan, siklus I dan siklus II. Dalam setiap  siklus terdapat empat komponen  yaitu perencanaan,  tahapan  pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Data diperoleh  dengan menggunakan pedoman pengamatan, catatan lapangan, angket, wawancara, dokumentasi, dan tes penilaian menulis puisi.  Kriteria validitas yang digunakan dalam penelitian  ini yaitu
validitas proses, demokratis,  dan dialog. Reliabilitas  data  dilakukan dengan melibatkan lebih dari satu sumber data (trianggulasi) yaitu dengan menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan teori puisi yang ada dan diwujudkan berupa penyajian data asli penelitian yang meliputi  transkrip wawancara, catatan lapangan, angket, foto, dan dokumentasi tugas siswa. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif didukung dengan data kuantitatif berupa skor hasil karya siswa.
Hasil  penelitian  menunjukkan  peningkatan  proses  dan hasil produk
pembelajaran menulis puisi siswa.  Peningkatan proses ditunjukkan pada  aspek antusias siswa, konsentrasi siswa dan  keaktifan siswa  berangsur-angsur menjadi lebih baik dalam mengikuti pembelajaran menulis puisi. Hal ini dapat diketahui dari hasil pengamatan selama proses pembelajaran. Peningkatan  hasil  produk siswa  dapat diketahui dari proses sebelum diberi tindakan dengan skor rata-rata 62,22, sedangkan skor rata-rata yang dicapai siswa pada siklus I adalah  72,74. Pada siklus II, skor rata-rata yang dicapai siswa adalah 82,81. Berdasarkan uraian
tersebut, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode sugesti  imajinasi dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan nilai keterampilan menulis puisi siswa kelas X Agama-1 MAN Godean, Sleman.
 
Kata kunci: Menulis puisi, Metode Sugesti Imajinasi.

 


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi dkk. 2016.

Penelitian Tindakan Kelas.

Jakarta: Bumi Aksara.

Aqib, Zainal dkk. 2008. Penelitian

Tindakan Kelas. Bandung:

Rama Widya.

Ekosusilo, Madya. 1986. Metodik

Khusus Pengajaran Seni Musik

di Sekolah Dasar untuk

SPG, KPG, PGSMTP dan Guru

SD. Semarang: Effhar Publik.

Jabrohim, Chairul Anwar, dan

Suminto A. Sayuti. 2003. Cara

Menulis Kreatif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Madya, Suwarsih. 2009. Teori dan

Praktik Penelitian Tindakan

(Action Research). Bandung:

Alfabeta.

Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Teori

Pengkajian Fiksi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

_________________. 2013.

Penilaian Pembelajaran

Bahasa Berbasis Kompetensi.

Yogyakarta: BPFE-

Yogyakarta.

Pradopo, Rahmat Joko. 1997.

Pengkajian Puisi. Yogyakarta:

Gadjah Mada University Press.

Rasyid, Fathur. 2010. Cerdaskan

Anakmu dengan Musik.

Yogyakarta: Diva Press.

Sadiman. 1986. Media Pengajaran.

Jakarta: PT. Raja Grafindo

Persada.

Sayuti, Suminto A. 2008. Berkenalan

dengan Puisi. Yogyakarta:

Gama Media.

Tarigan, Henry Guntur. 1988.

Pengajaran Pemerolehan

Bahasa. Jakarta: Departemen

Pendidikan dan Kebudayaan.

Trimantara. 2005. “Penggunaan

Media Sugesti Imajinasi dalam

Pembelajaran Menulis dengan

Media Lagu”. Jurnal

Pendidikan Penabur, 05, VI,

hlm. 1-14.

Tyastuti, Rita Dwi. 2015.

Peningkatan Keterampilan

Menulis Cerpen dengan

Metode Sugesti Imajinasi

Berbantuan Media Lagu

Remaja pada Siswa Kelas X di

SMA Negeri 1 Ngaglik. Skripsi

S1. Yogyakarta: Jurusan

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia, FBS UNY.

Waluyo, J. Herman. 1995. Teori dan

Apresiasi Puisi. Jakarta:

Erlangga.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.