PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PUISI SISWA KELAS X KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK

Annisa Okta Ulil Albab,

Abstract


Penelitian ini memiliki tiga tujuan. Pertama mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik berdasarkan komponen pembelajaran.  Kedua, mendeskripsikan faktor pendukung dan  penghambat dalam
pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik.
Ketiga, mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik.
Penelitian  ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Nggalik dan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Ngaglik. Objek penelitian ini adalah pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik. Data dikumpulkan melalui
pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dan peningkatan ketekunan.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama, pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, ditinjau dari delapan komponen pembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, strategi, media, metode, dan penilaian. Kedua, faktor pendukung keberhasilan pembelajaran puisi dari guru adalah motivasi guru dalam
mengajar baik, guru mengajar dengan strategi dan metode yang bervariasi. Faktor pendukung dari siswa adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran puisi baik, ketertarikan siswa dengan materi puisi, rasa percaya diri yang tinggi. Sedangkan, dari sekolah  adalah sarana prasarana memadai dan buku paket lebih dari satu sumber. Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari berbagai hal antara lain diskusi siswa kurang efektif, kurangnya waktu pembelajaran puisi, dan tidak tersedia LCD proyektor di dalam kelas. Ketiga, upaya mengatasi hambatan dengan siswa harus memiliki kesadaran untuk aktif dan lebih fokus dalam pembelajaran, dan mengusulkan adanya LCD proyektor untuk di dalam kelas.
 
Kata kunci: Pembelajaran puisi, SMA Negeri 2 Ngaglik
 

Full Text:

PDF

References


Abdullah, Sani. 2015. Inovasi

Pembelajaran. Jakarta:

Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian: Suatu

Pendekatan Praktik.

(rev.ed.) Jakarta: PT.

Rineka Cipta.

Keraf, Gotys. 20114. Diksi dan Gaya

Bahasa. Jakarta: Gramedia.

Artanti, A. Putri. 2012. “Upaya

Peningkatan Ketrampilan

Menulis Puisi dengan

Menggunakan Strategi Tulis

Kini, di Sini pada Siswa

Kelas VII B SMP Negeri 1

Seyegan Sleman”. Skripsi

S1. Yogyakarta: Program

Studi PBSI, FBS UNY.

Dalman. 2012. Menulis Karya

Ilmiah. Jakarta:

Rajagrafindo Persada.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model

Pengajaran dan

Pembelajaran. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis

Kreatif. Yogyakarta:

Pustaka Pelajar.

Nurgiyantoro, Burhan. 2011.

Penilaian Pengajaran

Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta:

BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan. 2014.

Stilistika. Ypgyakarta:

Gadjah Mada University.

Moleong, Lexi. 2009. Metode

Penelitian Kualitatif.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Pradopo, Rachmat Djoko. 2000.

Pengkajian Puisi. Gadjah

Mada University Press:

Yogyakarta.

Sayuti, Suminto A. 2008.

Berkenalan dengan Puisi.

Yogyakarta: Gama Media.

Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta: Pustaka

Book Publisher.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi

Pembelajaran Berorientasi

Standar Proses Pendidikan.

Jakarta: Kencana Prenada

Media Group.

Iskandarwassid dan Dadang

Sunendar. 2011. Strategi

Pembelajaran Bahasa.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori

Pengkajian Fiksi.

Yogyakarta: Gadjah Mada

University Press.

Tarigan, Henry Guntur. 2008.

Menulis Sebagai Suatu

Keterampilan Berbahasa.

Bandung Angkasa.

Suryaman dan Wiyatmi. 2012. Puisi

Indonesia. Yogyakarta:

Penerbit Ombak.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan

R&D. Bandung: Penerbit

Alfabeta. Yogyakarta:

Elmatera Publisher.

Suryaman, Maman. 2010. Diktat

Kuliah Strategi

Pembelajaran Sastra.

Yogyakarta: FBS UNY.

Suryono dan Hariyanto. 2014.

Belajar dan Pembelajaran.

Bandung: PT Remaja

Rosdakarya.

Waluyo, Herman J. 2007. Drama

Naskah, Pementasan, dan

Pengajarannya. Suarakarta:

UNS Press.

_________________. 2001. Drama

Teori dan Pengajarannya.

Yogyakarta: Hanindita

Graha Widya.

Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian

Sastra. Yogyakarta: Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.