PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PUISI SISWA KELAS X KELAS KHUSUS OLAHRAGA (KKO) DI SMA NEGERI 2 NGAGLIK
Abstract
pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik.
Ketiga, mendeskripsikan upaya mengatasi hambatan dalam pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian, yaitu siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Nggalik dan guru bahasa Indonesia SMA Negeri 2 Ngaglik. Objek penelitian ini adalah pembelajaran puisi siswa kelas X Kelas Khusus Olahraga (KKO) di SMA Negeri 2 Ngaglik. Data dikumpulkan melalui
pengamatan, wawancara, catatan lapangan, dan analisis dokumen. Instrumen utama dalam penelitian adalah peneliti sendiri. Teknik yang digunakan untuk mencapai kredibilitas dalam penelitian ini adalah triangulasi dan peningkatan ketekunan.
Teknik analisis data menggunakan analisis data deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa:
Pertama, pelaksanaan pembelajaran berjalan dengan baik, ditinjau dari delapan komponen pembelajaran, yakni siswa, guru, tujuan, materi, strategi, media, metode, dan penilaian. Kedua, faktor pendukung keberhasilan pembelajaran puisi dari guru adalah motivasi guru dalam
mengajar baik, guru mengajar dengan strategi dan metode yang bervariasi. Faktor pendukung dari siswa adalah motivasi belajar siswa dalam pembelajaran puisi baik, ketertarikan siswa dengan materi puisi, rasa percaya diri yang tinggi. Sedangkan, dari sekolah adalah sarana prasarana memadai dan buku paket lebih dari satu sumber. Adapun faktor penghambat keberhasilan pembelajaran muncul dari berbagai hal antara lain diskusi siswa kurang efektif, kurangnya waktu pembelajaran puisi, dan tidak tersedia LCD proyektor di dalam kelas. Ketiga, upaya mengatasi hambatan dengan siswa harus memiliki kesadaran untuk aktif dan lebih fokus dalam pembelajaran, dan mengusulkan adanya LCD proyektor untuk di dalam kelas.
Kata kunci: Pembelajaran puisi, SMA Negeri 2 Ngaglik
Full Text:
PDFReferences
Abdullah, Sani. 2015. Inovasi
Pembelajaran. Jakarta:
Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur
Penelitian: Suatu
Pendekatan Praktik.
(rev.ed.) Jakarta: PT.
Rineka Cipta.
Keraf, Gotys. 20114. Diksi dan Gaya
Bahasa. Jakarta: Gramedia.
Artanti, A. Putri. 2012. “Upaya
Peningkatan Ketrampilan
Menulis Puisi dengan
Menggunakan Strategi Tulis
Kini, di Sini pada Siswa
Kelas VII B SMP Negeri 1
Seyegan Sleman”. Skripsi
S1. Yogyakarta: Program
Studi PBSI, FBS UNY.
Dalman. 2012. Menulis Karya
Ilmiah. Jakarta:
Rajagrafindo Persada.
Huda, Miftahul. 2013. Model-Model
Pengajaran dan
Pembelajaran. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Jabrohim dkk. 2003. Cara Menulis
Kreatif. Yogyakarta:
Pustaka Pelajar.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011.
Penilaian Pengajaran
Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta:
BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2014.
Stilistika. Ypgyakarta:
Gadjah Mada University.
Moleong, Lexi. 2009. Metode
Penelitian Kualitatif.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2000.
Pengkajian Puisi. Gadjah
Mada University Press:
Yogyakarta.
Sayuti, Suminto A. 2008.
Berkenalan dengan Puisi.
Yogyakarta: Gama Media.
Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Book Publisher.
Sanjaya, Wina. 2013. Strategi
Pembelajaran Berorientasi
Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana Prenada
Media Group.
Iskandarwassid dan Dadang
Sunendar. 2011. Strategi
Pembelajaran Bahasa.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Teori
Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Tarigan, Henry Guntur. 2008.
Menulis Sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung Angkasa.
Suryaman dan Wiyatmi. 2012. Puisi
Indonesia. Yogyakarta:
Penerbit Ombak.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan
R&D. Bandung: Penerbit
Alfabeta. Yogyakarta:
Elmatera Publisher.
Suryaman, Maman. 2010. Diktat
Kuliah Strategi
Pembelajaran Sastra.
Yogyakarta: FBS UNY.
Suryono dan Hariyanto. 2014.
Belajar dan Pembelajaran.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Waluyo, Herman J. 2007. Drama
Naskah, Pementasan, dan
Pengajarannya. Suarakarta:
UNS Press.
_________________. 2001. Drama
Teori dan Pengajarannya.
Yogyakarta: Hanindita
Graha Widya.
Wiyatmi. 2006. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta: Pustaka
Refbacks
- There are currently no refbacks.