DALAM PEMBELAJARAN MENULIS DONGENG SISWA KEL VII SMP NIDA AL-QUR’AN KEDU TEMANGGUNG
Abstract
Penelitian mempunyai tujuan sebagai berikut. Pertama, mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis dongeng menggunakan strategi curious george dengan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis dongeng tanpa menggunakan strategi curious george pada siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung. Kedua, menguji keefektifan
penggunaan strategi curious george dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posstest control group design. Populasi penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung berjumlah 64 siswa. Teknik penentuan
sampel dengan cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII B sebagai kelompok kontrol, yaitu kelas yang tidak menggunakan strategi curious george dalam pembelajaran menulis dongeng dan Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan strategi curious george dalam pembelajaran menulis dongeng. Data dikumpulkan menggunakan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan
validitas konstruk. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai P skor pretest sebesar 0,279 dan skor posttest sebesar 0,855. Nilai P>0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan menulis dongeng kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 2,091 p sebesar 0,01 (p<0,05).
Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis dongeng menggunakan strategi curious george dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi curious george pada siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung. Kenaikan
skor rerata kelompok eksperimen sebesar 3,4 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 0,7. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa strategi curious goerge efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa kelas VII.
Kata kunci : curious george, menulis, dongeng
penggunaan strategi curious george dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung.Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posstest control group design. Populasi penelitian adalah siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung berjumlah 64 siswa. Teknik penentuan
sampel dengan cluster random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VII B sebagai kelompok kontrol, yaitu kelas yang tidak menggunakan strategi curious george dalam pembelajaran menulis dongeng dan Kelas VII A sebagai kelas eksperimen, yaitu kelas yang menggunakan strategi curious george dalam pembelajaran menulis dongeng. Data dikumpulkan menggunakan tes. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan
validitas konstruk. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Dari hasil uji homogenitas diperoleh nilai P skor pretest sebesar 0,279 dan skor posttest sebesar 0,855. Nilai P>0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa varian data penelitian ini homogen. Selanjutnya data dianalisis dengan menggunakan uji-t.
Berdasarkan analisis uji-t data posttest kemampuan menulis dongeng kelompok kontrol dan kelompok eksperimen, diperoleh nilai thitung sebesar 2,091 p sebesar 0,01 (p<0,05).
Hasil tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis dongeng menggunakan strategi curious george dengan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi curious george pada siswa Kelas VII SMP Nida Al-Qur’an Kedu Kabupaten Temanggung. Kenaikan
skor rerata kelompok eksperimen sebesar 3,4 dan kenaikan skor rerata kelompok kontrol sebesar 0,7. Berdasarkan data tersebut menunjukkan bahwa strategi curious goerge efektif digunakan dalam pembelajaran menulis dongeng pada siswa kelas VII.
Kata kunci : curious george, menulis, dongeng
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: PT Rineka
Cipta.
Guntur, DR. Henry Tarigan. 2008.
Menulis: sebagai Suatu
Keterampilan Berbahasa.
Bandung : Percetakan Angkasa.
Danandjaja, James. 202. Folklor
Indonesia : Ilmu Gosip,
Dongeng, dan lain-lain. Jakarta :
Pustaka Utama Grafiti.
Sarumpaet, Riris K. Toha. 2010.
Pedoman Penelitian Sastra
Anak : Edisi Revisi. Jakarta:
Yayasan Pustaka Obor
Indonesia.
Wiesendanger, Katherine D. 2001.
Strategies for Literacy
Education
Refbacks
- There are currently no refbacks.