PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMAHAMI CERITA RAKYA MELALUI STRATEGI STORY PYRAMID PADA SISWA KELAS VII MTs NEGERI KALIANGKRIK KABUPATEN MAGELANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan
membaca pemahaman dengan implementasi metode Story Pyramid pada siswa kelas VII MTs Negeri Kaliangkrik.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan,
implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kaliangkrik berjumlah 31 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Februari 2014 dengan 2 siklus. Data penelitian berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dan analisis deskripsi kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa secara proses dan secara produk.
Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan, yaitu siswa
menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman. Siswa menujukkan sikap, minat, dan semangat yang tinggi. Selain itu, ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang ditunjukkan melalui hasil tes membaca pemahaman. Hasil skor tes siswa pada saat pratindakan yang memenuhi standar KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 20,69% dari jumlah siswa. Pada kegiatan siklus I, siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang atau
sebesar 60,71% dari jumlah siswa. Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 93,55% dari jumlah siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Strory Pyramid dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Kata kunci: membaca pemahaman, strategi Story Pyramid
membaca pemahaman dengan implementasi metode Story Pyramid pada siswa kelas VII MTs Negeri Kaliangkrik.
Desain penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan
ini memiliki empat prosedur dalam pelaksanaannya, yaitu perencanaan,
implementasi tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Negeri Kaliangkrik berjumlah 31 siswa. Penelitian ini
dilaksanakan pada bulan Februari 2014 dengan 2 siklus. Data penelitian berupa hasil observasi, catatan lapangan, hasil tes kemampuan membaca pemahaman siswa, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis deskripsi kuantitatif dan analisis deskripsi kualitatif. Kriteria keberhasilan tindakan yaitu terjadinya peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa secara proses dan secara produk.
Hasil penelitian yang diperoleh setelah implementasi tindakan, yaitu siswa
menjadi lebih aktif dan antusias dalam mengikuti pembelajaran membaca pemahaman. Siswa menujukkan sikap, minat, dan semangat yang tinggi. Selain itu, ada peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa yang ditunjukkan melalui hasil tes membaca pemahaman. Hasil skor tes siswa pada saat pratindakan yang memenuhi standar KKM sebanyak 6 orang atau sebesar 20,69% dari jumlah siswa. Pada kegiatan siklus I, siswa yang mencapai KKM sebanyak 17 orang atau
sebesar 60,71% dari jumlah siswa. Pada siklus II, siswa yang mencapai KKM sebanyak 29 orang atau sebesar 93,55% dari jumlah siswa. Hal tersebut menunjukkan bahwa metode Strory Pyramid dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa.
Kata kunci: membaca pemahaman, strategi Story Pyramid
Full Text:
PDFReferences
Allen, Mary Beth. 2010. Fresh Takes
on Centers: Reading
Comprehension. New York:
Scholastic Teaching
Resources.
Arikunto, Suharsimi. 1996. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Kurniawan, Heru. 2009. Sastra
Anak: dalam Kajian
Strukturalisme, Sosiologi,
Semiotika, hingga Penulisan
Kreatif. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
J. Boling, Charlotte & William H.
Evans. 2008. Reading
Success in the Secondary
Classroom. Preventing
School Failure: Alternative
Education for Children and
Youth. Vol. 52, No. 2.
Refbacks
- There are currently no refbacks.