PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TEKS PUISI RAKYAT KELAS VII DI SMP NEGERI 8 YOGYAKARTA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran teks puisi rakyat pada siswa kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta, ditinjau dari perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Dalam pelaksanaan pembelajaran, komponen pembelajaran yang diteliti yaitu
materi, metode dan teknik, serta media pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah Human Instrument yang dilengkapi dengan panduan observasi dan panduan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif. Analisis data model interaktif melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pertama, materi yang digunakan guru selama proses pembelajaran sudah sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran serta materi yang digunakan juga sesuai dengan Buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kedua, metode yang digunakan oleh guru menunjukkan implementasi pendekatan saintifik yang sesuai dengan rujukan dari kurikulum 2013, yaitu metode discovery learning/inkuiri dan PBL (Project Based Learning). guru juga menggunakan teknik pendukung dalam pembelajaran, seperti teknik ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Teknik tanya jawab dan penugasan ini sesuai dengan kurikulum 2013.
Ketiga, media utama yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran teks puisi rakyat, yaitu yaitu media contoh teks puisi rakyat dan video pembacaan pantun. Media ini dipilih agar dapat merangsang dan menumbuhkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Keempat, penilaian dilakukan oleh guru dalam pembelajaran teks puisi rakyat kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta sesuai dengan Permendikbud No. 53 Tahun 2015, Pasal 1 yang menyatakan bahwa penilaian dalam pembelajaran mencakup tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: pembelajaran teks puisi rakyat, kurikulum 2013, SMP
materi, metode dan teknik, serta media pembelajaran.
Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan pengamatan, wawancara, serta dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini adalah Human Instrument yang dilengkapi dengan panduan observasi dan panduan wawancara. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan analisis data model interaktif. Analisis data model interaktif melalui tiga tahapan yaitu, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Keabsahan data dilakukan dengan ketekunan pengamatan dan triangulasi.
Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa Pertama, materi yang digunakan guru selama proses pembelajaran sudah sesuai dengan KD dan tujuan pembelajaran serta materi yang digunakan juga sesuai dengan Buku siswa Bahasa Indonesia kelas VII Kurikulum 2013 Edisi Revisi 2016 yang diterbitkan oleh Kementerian Pendidikan
dan Kebudayaan Republik Indonesia. Kedua, metode yang digunakan oleh guru menunjukkan implementasi pendekatan saintifik yang sesuai dengan rujukan dari kurikulum 2013, yaitu metode discovery learning/inkuiri dan PBL (Project Based Learning). guru juga menggunakan teknik pendukung dalam pembelajaran, seperti teknik ceramah, tanya jawab, dan penugasan. Teknik tanya jawab dan penugasan ini sesuai dengan kurikulum 2013.
Ketiga, media utama yang digunakan oleh guru selama proses pembelajaran teks puisi rakyat, yaitu yaitu media contoh teks puisi rakyat dan video pembacaan pantun. Media ini dipilih agar dapat merangsang dan menumbuhkan motivasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Keempat, penilaian dilakukan oleh guru dalam pembelajaran teks puisi rakyat kelas VII di SMP N 8 Yogyakarta sesuai dengan Permendikbud No. 53 Tahun 2015, Pasal 1 yang menyatakan bahwa penilaian dalam pembelajaran mencakup tiga aspek, yaitu sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kata kunci: pembelajaran teks puisi rakyat, kurikulum 2013, SMP
Full Text:
PDFReferences
Harjanto. 2000. Perencanaan Pengajaran.
Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. 2014 . Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013.
Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Sudirman. 2011. Interaksi dan Motivasi
Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Yasmin, Martinis. 2013. Strategi dan
Metode dalam Pembelajaran.
Jakarta: Referensi
Refbacks
- There are currently no refbacks.