PADA RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SEKOLAH MENENGAH PERTAMA
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan objek
penelitian berupa rubrik penilaian menulis sastra. Penelitian deskriptif kualitatif merupakan penelitian yang menghasilkan data deskriptif verbal yang secara konkret berangkat dari kata deskripsi tentang sesuatu. Penelitian ini dilaksanakan di SMP 3 Sewon dan berlangsung selama 2 bulan. Pemilihan sekolah didasari pada alasan belum adanya penelitian serupa yang dilakukan di sekolah tersebut.
Hasil penelitian ini adalah, pertama, rubrik penilaian menulis sastra yang dibuat dan digunakan oleh guru di SMP N 3 Sewon masuk ke dalam 3 kriteria kesiapan penggunaan rubrik, yaitu 1 rubrik sudah siap digunakan, 4 rubrik masih membutuhkan revisi, dan 1 rubrik belum siap digunkan. Kedua, dapat diketahui bahwa penilaian berdasarkan rubrik menulis sastra yang digunakan guru, penilaian cenderung menilai karya berdasarkan struktur teks. Hal ini tidak terlepas dari kompetensi dasar pengajaran sastra pada tiap kurikulum yang digunakan.
Ketiga, aspek-aspek penilaian yang ditampilkan dalam rubrik penilaian sebagain besar sudah sesuai dengan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai. Keempat, rubrik penilaian sudah digunakan oleh guru dalam proses menilai termasuk penilaian menulis sastra. Kelebihan yang dirasa guru salah satunya adalah meningkatkan objektivitas guru dalam menilai, sedangkan kelemahan penggunaan rubrik yang paling terlihat adalah perlunya waktu yang lama dalam proses menilai.
kata kunci: rubrik penilaian, menulis sastra
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Yunus. 2012. Pembelajaran
Bahasa Berbasis Pendidikan
Karakter. Bandung: Refika Aditama
Endrayanto, H.Y Sunu, Yustiana W.H.
Aplikasi Rubrik untuk
Penilaian Belajar Siswa.
Yogyakarta: PT Kanisius.
Kemendiknas. 2006. Standar Kompetensi
dan Kompetensi Dasar
SMP/MTs/SMPLB. Jakarta:
Kemendiknas.
Kemendikbud. 2015. Kompetensi Inti dan
Kompetensi Dasar Sekolah
Menengah Pertama/Madrasah
Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta:
Kemendikbud.
Kemendikbud. 2015. Panduan Penilaian
untuk Sekolah Menengah Pertama
(SMP). Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. 2014. Konsep dan
Implementasi Kurikulum 2013.
Jakarta: Kemendikkbud
Kurniawan, Heru; Sutardi. 2012.
Penulisan Sastra Kreatif.
Yogyakarta: Graha Ilmu
Nugiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Penilaian
Otentik dalam Pembelajaran
Bahasa. Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Nurgiyantoro, Burhan. 2011. Model
Penilaian Otentik dalam
Pembelajaran Bahasa. Litera, 10, II,
hlm. 114-125.
Permendikbud Nomor 20 Tahun 2007
tentang Standar Penilaian Pendidikan.
Sayuti, S.A. 2000. Evaluasi Teks Sastra
(terjemahan dari Rien T Segers).
Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.
Solina, Mona. 2015. Pengembangan
Rubrik Penilaian Menulis Puisi
dalam Pembelajaran Apresiasi
Puisi. Skripsi S1. Yogyakarta:
Program Studi Pendidikan Bahasa
dan Sastra Indonesia, FBS UNY.
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Surapranata, Sumarna; Muhammad Hatta.
Penilaian Portofolio.
Bandung: Rosda.
Suryaman, Maman. 2013. Metodologi
Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta:
UNY Press,
Yaumi, Muhammad. 2013. Prinsip-prinsip
Desain Pembelajaran. Jakarta:
Kencana Prenadamedia Group.
Wahyuni, Sri, Abd. Syukur Ibrahim. 2012.
Asesmen Pembelajaran Bahasa.
Bandung: Refika Aditama.
Refbacks
- There are currently no refbacks.