PELAKSANAAN KEGIATAN PEMBELAJARAN TEKS FABEL PADA SISWA KELAS VII F SMP NEGERI 1 BAWANG, BANJARNEGARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan kegiatan
pembelajaran teks fabeL pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara.
Pelaksanaan pembelajaran ditinjau dari beberapa komponen utama, yaitu: (1) materi kegiatan pembelajran teks fabel siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara, (2) metode pembelajaran teks fabel siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara, (3) media pembelajaran teks fabel siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara, dan (4) evaluasi pembelajaran teks fabel siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara.
Jenis metode penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah guru bahasa Indonesia kelas VII SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara, sedangkan objek penelitian ini adalah pelaksanaan kegiatan pembelajaran teks fabel pada siswa kelas VII F SMP Negeri 1 Bawang, Banjarnegara, yang meliputi materi, metode,
media, dan evaluasi. Pengumpulan data yang dilakukan dengan cara observasi, wawancara, analisis dokumen dan catatan lapangan. Keabsahan data diuji dengan ketekunan pengamatan, perpanjangan keikutsertaan, dan triangulasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara induktif, dengan tahapan pengelompokan, pengkategorian,
dan interpretasi.
Dari hasil penelitian dapat ditarik tiga simpulan. Pertama, perencanaan
pembelajaran teks fabel dilakukan oleh guru dengan menyusun dua RPP untuk dilaksanakan dalam enam pertemuan. RPP yang telah dibuat oleh guru sudah cukup lengkap. Kedua, komponen pelaksanaan pembelajaran teks fabel yang meliputi : Materi metode dan media. Materi yang diajarkan oleh guru adalah pengertian fabel, struktur teks fabel, unsur kebahasaan teks fabel, menceritakan, dan memerankan kembali isi fabel.
Sumber materi yang digunakan oleh guru adalah buku siswa. Metode yang digunakan oleh guru adalah ceramah, tanya jawab, diskusi, dan penugasan dengan konsep discovery learning. Sebagian metode yang digunakan dalam pembelajaran telah sesuai dengan RPP
yang disusun. Media yang digunakan oleh guru adalah softfile video, contoh-contoh teks fabel. Media yang digunakan guru yang sesuai dengan RPP hanya pada pertemuan kelima. Ketiga, penilaian pembelajaran teks fabel dilakukan pada tiga aspek, yaitu sikap,
keterampilan, dan pengetahuan. Penilaian sikap dilakukan saat pembelajaran melalui pengamatan. Penilaian pengetahuan dilakukan saat pembelajaran. Penilaian keterampilan dilakukan melalui tugas individu dan tugas kelompok. Guru belum sepenuhnya melaksanakan penilaian pembelajaran berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016.
Faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan pembelajaran teks fabel adalah faktor guru, siswa, sarana dan prasarana, dan lingkungan.
Kata Kunci: pembelajaran, teks fabel
Full Text:
PDFReferences
Hamalik, Oemar. 2013. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: Remaja
Rosdakarya
__________. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2005. Sastra Anak. Yogyakarta: Gadjah Mada University
Press.
Soeparno. 1988. Media Pengajaran Bahasa. Klaten: Intan Pariwara
Sudirman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Alfabeta
Refbacks
- There are currently no refbacks.