KEEFEKTIFAN STRATEGI 3W2H DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKSPROSEDURSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN, BANTUL, DIY

Oktavira Panji Kinasih,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis prosedur antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis prosedur dengan strategi 3W2H dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi 3W2H dan untuk menguji keefektifan strategi 3W2H dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Srandakan, Bantul, DIY sebanyak 224 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas yaitu, kelas VII E sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik  cluster random sampling.  Validitas
instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Penghitungan dilakukan menggunakan bantuan SPSS seri 16.0.

Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t adalah:
(1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis prosedur antara siswa yang diberi pembelajaran menulis prosedur menggunakan strategi 3W2H dan siswa yang diberi pembelajaran menulis prosedur tanpa menggunakan strategi 3W2H;

(2) strategi 3W2H
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1
Srandakan.
 
Kata kunci: menulis prosedur, strategi 3W2H.
 
 


Full Text:

PDF

References


Aminudin. 2009. Kreatif Membuat

Ragam Tulisan. Bandung:

PT. Puri Pustaka

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah.

Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Keterampilan Menulis.

Jakarta: PT Raja Grafindo

Persada.

Darmadi, Kaswan. 1996.

Meningkatkan Kemampuan

Menulis. Yogyakarta: Andi

Offset.

Djibran. F. 2008. Writing is Amazing.

Yogyakarta: Juxtapose.

Iskandarwasid & Dadang Sunendar.

Strategi Pembelajaran

Bahasa. Bandung: PT.

Remaja Rosda Karya.

Jauhari, Heri. 2013. Terampil

Mengarang: dari Persiapan

hingga Presentasi dari

Karangan Ilmiah hingga

Sastra. Bandung: Nuansa

Cendekia.

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan. 2016. Bahasa

Indonesia. Jakarta:

Kementrian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian

Pengajaran Bahasa dan

Sastra. Yogyakarta: BPFE.

Penilaian

Pengajaran Bahasa Berbasis

Kompetensi. Yogyakarta:

BPFE.

Nurgiyantoro, Burhan dan Marzuki.

Statistik Terapan untuk

Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.

Yogyakarta: Gadjah

University Press.

Peter Knapp & Megan Watkins. 2005.

Genre, Text, Grammar.

Sydney: University of New

South Wales Press Ltd.

Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa

Takut? . Yogyakarta:

Kanisius.

Sugiyono. 2001. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Suparno, Mohammad Yunus. 2006.

Keterampilan Menulis. Jakarta:

Universitas

Terbuka.

Susiawati, Rita Agustin. 2016.

Peningkatan Keterampilan

Menulis Puisi Menggunakan

Strategi 3W2H pada Siswa

Kelas VII SMP Negeri 3

Salam. Skripsi S1. Jurusan

Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia, FBS, UNY.

Tarigan, H.G. 1986. Menulis Sebagai

Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung:

Angkasa.

Widiasari, Giovanni Yoen. 2014.

Keefektifan Strategi Foxfire

dalam Pembelajaran Menulis

Laporan Pada Siswa Kelas

VII SMP Negeri 1

Karanganyar Kebumen.

Skripsi S1. Jurusan

Pendidikan Bahasa dan

Sastra Indonesia, FBS, UNY.

Wiesendanger. D Katherine. --.

Strategies for Literacy

Education. Ohio: Alfred

University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.