KEEFEKTIFAN STRATEGI 3W2H DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKSPROSEDURSISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 SRANDAKAN, BANTUL, DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan menulis prosedur antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis prosedur dengan strategi 3W2H dan siswa yang mengikuti pembelajaran tanpa menggunakan strategi 3W2H dan untuk menguji keefektifan strategi 3W2H dalam pembelajaran menulis teks prosedur pada siswa kelas VII SMP.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain penelitian pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 1 Srandakan, Bantul, DIY sebanyak 224 siswa dan sampel yang digunakan berjumlah 2 kelas yaitu, kelas VII E sebagai kelas kontrol dan VII F sebagai kelas eksperimen. Teknik penentuan sampel yang digunakan adalah teknik cluster random sampling. Validitas
instrumen berupa validitas isi. Teknik analisis data menggunakan uji-t dengan taraf signifikansi 5%. Penghitungan dilakukan menggunakan bantuan SPSS seri 16.0.
Simpulan penelitian ini berdasarkan analisis data yang menggunakan uji-t adalah:
(1) terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan menulis prosedur antara siswa yang diberi pembelajaran menulis prosedur menggunakan strategi 3W2H dan siswa yang diberi pembelajaran menulis prosedur tanpa menggunakan strategi 3W2H;
(2) strategi 3W2H
efektif digunakan dalam pembelajaran menulis prosedur siswa kelas VII SMP Negeri 1
Srandakan.
Kata kunci: menulis prosedur, strategi 3W2H.
Full Text:
PDFReferences
Aminudin. 2009. Kreatif Membuat
Ragam Tulisan. Bandung:
PT. Puri Pustaka
Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur
Penelitian Suatu Pendekatan
Praktik. Jakarta: Rineka
Cipta.
Dalman. 2012. Menulis Karya Ilmiah.
Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Keterampilan Menulis.
Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Darmadi, Kaswan. 1996.
Meningkatkan Kemampuan
Menulis. Yogyakarta: Andi
Offset.
Djibran. F. 2008. Writing is Amazing.
Yogyakarta: Juxtapose.
Iskandarwasid & Dadang Sunendar.
Strategi Pembelajaran
Bahasa. Bandung: PT.
Remaja Rosda Karya.
Jauhari, Heri. 2013. Terampil
Mengarang: dari Persiapan
hingga Presentasi dari
Karangan Ilmiah hingga
Sastra. Bandung: Nuansa
Cendekia.
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan. 2016. Bahasa
Indonesia. Jakarta:
Kementrian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Nurgiyantoro, Burhan. 2009. Penilaian
Pengajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta: BPFE.
Penilaian
Pengajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta:
BPFE.
Nurgiyantoro, Burhan dan Marzuki.
Statistik Terapan untuk
Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial.
Yogyakarta: Gadjah
University Press.
Peter Knapp & Megan Watkins. 2005.
Genre, Text, Grammar.
Sydney: University of New
South Wales Press Ltd.
Rosidi, Imron. 2009. Menulis Siapa
Takut? . Yogyakarta:
Kanisius.
Sugiyono. 2001. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Suparno, Mohammad Yunus. 2006.
Keterampilan Menulis. Jakarta:
Universitas
Terbuka.
Susiawati, Rita Agustin. 2016.
Peningkatan Keterampilan
Menulis Puisi Menggunakan
Strategi 3W2H pada Siswa
Kelas VII SMP Negeri 3
Salam. Skripsi S1. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, FBS, UNY.
Tarigan, H.G. 1986. Menulis Sebagai
Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung:
Angkasa.
Widiasari, Giovanni Yoen. 2014.
Keefektifan Strategi Foxfire
dalam Pembelajaran Menulis
Laporan Pada Siswa Kelas
VII SMP Negeri 1
Karanganyar Kebumen.
Skripsi S1. Jurusan
Pendidikan Bahasa dan
Sastra Indonesia, FBS, UNY.
Wiesendanger. D Katherine. --.
Strategies for Literacy
Education. Ohio: Alfred
University.
Refbacks
- There are currently no refbacks.