PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA
Abstract
pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pendeskripsian penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa bentuk penilaian portofolio yang digunakan guru dalam pembelajaran, alasan guru dalam pemilihan bentuk penilaian portofolio, dan permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan pembelajaran serta upaya untuk mengatasi permasalahan yang dialami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah tiga orang. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta telah menerapkan penilaian portofolio. Data hasil pengamatan berisi tentang deskripsi bentuk peilaian portofolio yang digunakan guru Bahasa Indonesiadan alasan yang mendasari guru dalam pemilihan bentuk penilaian
portofolio dalam pembelajaran. Bentuk portofolio yang digunakan oleh guru adalah karya siswa berupa teks fabel, teks susunan acara, dan poster. Pelaksanaan penilaian portofolio dilaksanakan dengan baik, walaupun belum dapat dikatakan maksimal.
Kurang optimalnya pelaksanaan penilaian portofolio dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia melakukan beberapa upaya dalam mengatasi kendala. Upaya yang dilakukan menunjukkan bahwa guru mampu mengelola kelas dengan baik.
Kata kunci: Penilaian Portofolio, pembelajaran Bahasa Indonesia
Full Text:
PDFReferences
Arifin, Zainal.2012. Evaluasi
Pembelajaran. Bandung: PT
Remaja Rosdakarya.
Departemen Pendidikan Nasional.
Kurikulum 2004: Pedoman Khusus
Pengembangan Portofolio untuk
Penilaian.
Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Standar
Mutu Penilaian dalam Kelas.
Yogyakarta: Diva Press.
Nasution. 2003. Metode Penelitian
Kualtatif. Bandung: Tarsito.
Nurgiyantoro, Burhan dan Pujiati
Suyata. 2010. Pengembangan
Model Authentic assessment dalam
Pembelajaran Bahasa. Diunduh
dari http://staff.uny.ac.id pada 16
Januari 2017.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian
Kombinasi. Bandung: Alfaberta.
Surapranata, Sumarna dan Muhammad
Hatta. 2006. Penilaian Portofolio
Implementasi Kurikulum 2004.
Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Suryaman, Maman. 2009. Panduan
Pendidik dalam Pembelajaran
Bahasa Indonesia SMP/MTS.
Jakarta: Pusat Perbukuan
Departemen Pendidikan Nasional.
Wikanengsih. 2014. “Penilaian
Portofolio Berbasis Gaya Belajar
Siswa dalam Mata Pelajaran
Bahasa Indonesia sebagai
Implementasi Penilaian Kurikulum
”. Bahasa & Sastra. Vol. 14,
No.1.
Refbacks
- There are currently no refbacks.