PENILAIAN PORTOFOLIO DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Wulandari Kusumaningrum,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penilaian portofolio dalam
pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta. Pendeskripsian penilaian portofolio dalam pembelajaran bahasa Indonesia berupa bentuk penilaian portofolio yang  digunakan guru dalam pembelajaran, alasan guru dalam pemilihan bentuk penilaian portofolio, dan permasalahan yang dialami guru dalam kaitannya dengan pembelajaran serta upaya untuk mengatasi permasalahan yang dialami.
Jenis penelitian ini adalah penelitian  kualitatif. Subjek penelitian adalah guru Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta yang berjumlah tiga orang. Data diperoleh melalui wawancara, pengamatan, dan analisis dokumen. Data dianalisis secara kualitatif melalui empat tahap, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data penelitian diperoleh melalui triangulasi data.
Hasil penelitian menunjukkan semua guru mata pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 9 Yogyakarta telah menerapkan penilaian portofolio. Data hasil pengamatan berisi tentang deskripsi bentuk peilaian portofolio yang digunakan guru Bahasa Indonesiadan alasan yang mendasari guru dalam pemilihan bentuk penilaian
portofolio dalam pembelajaran. Bentuk portofolio yang digunakan oleh guru adalah karya siswa berupa teks fabel, teks susunan acara, dan poster. Pelaksanaan penilaian portofolio dilaksanakan dengan baik, walaupun belum dapat dikatakan maksimal.
Kurang optimalnya pelaksanaan penilaian portofolio dikarenakan masih ditemukan beberapa kendala. Guru mata pelajaran Bahasa Indonesia melakukan beberapa upaya dalam mengatasi kendala. Upaya yang dilakukan menunjukkan bahwa guru mampu mengelola kelas dengan baik.
 
Kata kunci: Penilaian Portofolio, pembelajaran Bahasa Indonesia

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal.2012. Evaluasi

Pembelajaran. Bandung: PT

Remaja Rosdakarya.

Departemen Pendidikan Nasional.

Kurikulum 2004: Pedoman Khusus

Pengembangan Portofolio untuk

Penilaian.

Hamid, Moh. Sholeh. 2011. Standar

Mutu Penilaian dalam Kelas.

Yogyakarta: Diva Press.

Nasution. 2003. Metode Penelitian

Kualtatif. Bandung: Tarsito.

Nurgiyantoro, Burhan dan Pujiati

Suyata. 2010. Pengembangan

Model Authentic assessment dalam

Pembelajaran Bahasa. Diunduh

dari http://staff.uny.ac.id pada 16

Januari 2017.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian

Kombinasi. Bandung: Alfaberta.

Surapranata, Sumarna dan Muhammad

Hatta. 2006. Penilaian Portofolio

Implementasi Kurikulum 2004.

Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suryaman, Maman. 2009. Panduan

Pendidik dalam Pembelajaran

Bahasa Indonesia SMP/MTS.

Jakarta: Pusat Perbukuan

Departemen Pendidikan Nasional.

Wikanengsih. 2014. “Penilaian

Portofolio Berbasis Gaya Belajar

Siswa dalam Mata Pelajaran

Bahasa Indonesia sebagai

Implementasi Penilaian Kurikulum

”. Bahasa & Sastra. Vol. 14,

No.1.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.