PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SURAT PRIBADI DENGAN STRATEGI WRITING IN THE HERE AND RIGHT NOW PADA SISWA KELAS VII D SMP NEGERI 9 YOGYAKARTA

Erlina Artanti,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah strategi writing in the here  and  right   now   dapat  meningkatkan  proses  pembelajaran  menulis  surat pribadi  pada  siswa  kelas  VII D  SMP  Negeri  9  Yogyakarta.  (2)  meningkatkan kemampuan menulis  surat  pribadi  dengan  strategi  writing  in  the  here  and  right now pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Subjek penelitian  ini  adalah  siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Prosedur pelaksanaan dan  implementasi  di  tempat  penelitian  terbagi  dalam  dua siklus.  Pada siklus  I dilaksanakan  sebanyak  dua  kali  pertemuan  dan  demikian pula  dengan siklus  II.
Penelitian ini  berangkat  dari permasalahan  yang ditemukan di  lokasi  penelitian. Fokus penelitian ini adalah peningkatan kemampuan menulis surat pribadi dengan strategi writing  in  the here and right now. Data diperoleh dengan  instrumen yang berupa:  lembar observasi  proses  pembelajaran,  lembar observasi  siswa,  catatan lapangan,  angket,  wawancara, dokumentasi,  dan tes. Teknik  analisis  dalam penelitian  ini  mencakup  proses  tindakan  kelas  yang  dilakukan  secara  deskripsi
kualitatif. Analisis presentase dengan deskripsi kualitatif dalam bentuk presentase data  kuantitatif.  Kriteria  keberhasilan  penelitian  ini  dilihat  dari  adanya peningkatan keberhasilan proses dan produk.
Berdasarkan  hasil  penelitian  menunjukkan  bahwa  strategi  writing  in  the here and  right  now  dapat  meningkatkan  proses  pembelajaran  dan  kemampuan menulis  surat  pribadi  siswa di  SMP Negeri  9 Yogyakarta. Pertama,  peningkatan dalam   proses   pembelajaran    terlihat   dari    lembar  observasi   pembelajaran   dan lembar  observasi  siswa  yang terus  mengalami  perubahan  yang baik  disetiap pertemuan.  Keberhasilan  proses pembelajaran  mengalami  peningkatan  dari kategori  cukup  (C) ke  kategori  sangat  baik  (A),  sedangkan  keaktifan  siswa mengalami  peningkatan  dari  kategori  kurang  (D) ke  kategori  sangat  baik  (A).
Kedua, startegi writing in the here and right now dapat meningkatkan kemampuan menulis  surat  pribadi  siswa.  Skor  rata-rata menulis  surat  pribdai  sebelum  diberi tindakan  yaitu  55,53.  Kemudian  pada  siklus  I  diperoleh  skor  rata-rata  sebesar 81,08  dan  pada  di  siklus  II diperoleh  skor  rata-rata  sebesar  89,51.  Berdasarkan uraian  di  atas,  dapat  disimpulkan  bahwa dengan  strategi writing in  the  here and
right now dapat meningkatkan kemampuan menulis surat pribadi pada siswa kelas VII D SMP Negeri 9 Yogyakarta.
 
Kata Kunci  : kemampuan menulis, strategi, surat pribadi, writing in the here and right now

Full Text:

PDF

References


Baycich, Dianna. 2008. “The

Strategies and Supports

Teachers of Successful Adult

Basic Writers Use to

TeachWriting”.

http://www.Proquest.umi.com.

Diunduh pada tanggal 9

Februari 2017.

Kellogg, R. T. 2008. “Training

Writing Skills: A Cognitive

Developmental Perspective”.

Jurnal, 1, I, hlm. 1-26.

Musfiroh, Tadkiroatun, 2016.

Psikolinguistik Edukasional.

Yogyakarta: Tiara Wacana.

Silberman, Melvin L. 2013. Active

Learning (101 Cara Belajar

Siswa Aktif). Bandung: Nuansa

Cendekia.

Suharsoputra, Uhur. 2014. Metode

Penelitian (Kualitatif,

Kuantitatif, dan Tindakan).

Bandung: PT Rafika Aditama

World’s Most Literate Nations

Rank Breakdown. Diakses dari

www.ccsu.edu. Pada Tanggal 3

Februari 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.