KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS (DEJ) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 SENTOLO

Dewi Putri Pertiwi,

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1)  mengetahui  perbedaan kemampuan
menulis teks berita yang signifikan antara siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo yang mengikuti  pembelajaran menulis teks berita dengan strategi  Double Entry Journals  (DEJ)  dan siswa kelas  VIII  SMPN  2 Sentolo  yang mengikuti pembelajaran menulis teks  berita tanpa strategi  Double Entry Journals (DEJ), (2)menguji keefektifan strategi Double Entry Journals (DEJ) dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo.
Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen.  Desain penelitian yang
digunakan adalah prates pascates control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 2 Sentolo. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik  purposive sampling  diperoleh  kelas  VIII B  sebagai kelompok eksperimen dan  VIII C  sebagai kelompok kontrol.  Teknik pengumpulan data menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji normalitas menunjukkan data penelitian ini berdistribusi normal. Hasil uji homogenitas menunjukkan bahwa varians data penelitian ini homogen. Data tersebut selanjutnya dianalisis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%.  Hasil perhitungan uji-t skor pascates kelompok eksperimen dan kelompok
kontrol menghasilkan thitung 4,039 dengan db 61 diperoleh nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari 5%.  Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapatkan pembelajaran menulis  teks berita  dengan menggunakan strategi  Double  Entry Journals (DEJ) dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis teks berita  tanpa menggunakan strategi  Double Entry Journals (DEJ). Hasil
perhitungan uji-t skor  prates  dan  pascates  kelompok eksperimen menghasilkan thitung 14,160 dengan db 31 diperoleh nilai p 0,000. Prates dan pascates kelompok kontrol diperoleh thitung  8,171  dengan db  30  dan diperoleh p 0,000. Hal  ini menunjukkan bahwa strategi  Double Entry Journals (DEJ)  efektif digunakan dalam pembelajaran menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Sentolo.
 
Kata kunci: keefektifan, strategi Double Entry Journals (DEJ), menulis teks berita

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur

Penelitian Suatu Pendekatan

Praktik. Jakarta: PT Rineka

Cipta.

Ruddel, Martha Rapp. 2005.

Teaching Content Reading

and Writing. America:

Wiley.

Zainurrahman. 2013. Menulis: Dari

Teori Hingga Praktik.

Bandung: Penerbit Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.