KEEFEKTIFAN STRATEGI CATALISTING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS TEKS BERITA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 GODEAN SLEMAN DIY
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui apakah ada perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi catalisting dengan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi Catalisting pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean, (2) menguji keefektifan penggunaan strategi catalisting dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean yang berjumlah 191. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen. Uji validitas dilakukan oleh expert judment. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program SPSS versi 20.0 dan diperoleh nilai alpha sebesar
0,763. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada program komputer SPSS versi 20.0 dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi catalisting dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi catalisting. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu thitung sebesar 2,804, df 62, dan nilai p sebesar 0,007 (p<0,05=signifikan). Kedua, strategi catalisting terbukti efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen, yaitu thitung sebesar 6,163 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%) serta penghitungan gain score kelompok kontrol sebesar 3,35
sedangkan kelompok eksperimen sebesar 3,79.
Kata Kunci: catalisting, menulis, teks berita
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah pretest-posttest control group. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean yang berjumlah 191. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Hasilnya ditetapkan kelas VIII D sebagai kelompok kontrol dan kelas VIII F sebagai kelompok eksperimen. Uji validitas dilakukan oleh expert judment. Pengujian reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus Alpha Cronbach pada program SPSS versi 20.0 dan diperoleh nilai alpha sebesar
0,763. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes menulis teks berita. Hasil uji prasyarat analisis menunjukkan bahwa skor pretes dan postes berdistribusi normal dan homogen.
Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t pada program komputer SPSS versi 20.0 dengan taraf signifikansi 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, pertama, terdapat perbedaan kemampuan menulis teks berita yang signifikan antara siswa yang mendapat pembelajaran menggunakan strategi catalisting dan siswa yang mendapat pembelajaran tanpa menggunakan strategi catalisting. Perbedaan tersebut ditunjukkan dengan hasil uji-t, yaitu thitung sebesar 2,804, df 62, dan nilai p sebesar 0,007 (p<0,05=signifikan). Kedua, strategi catalisting terbukti efektif dalam pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Godean. Hal tersebut ditunjukkan oleh hasil uji-t pretes dan postes kelompok eksperimen, yaitu thitung sebesar 6,163 dengan df 31 dan p sebesar 0,000 pada taraf kesalahan 0,05 (5%) serta penghitungan gain score kelompok kontrol sebesar 3,35
sedangkan kelompok eksperimen sebesar 3,79.
Kata Kunci: catalisting, menulis, teks berita
Full Text:
PDFReferences
Nurgiyantoro. 2013. Penilaian
Pembelajaran Bahasa Berbasis
Kompetensi. Yogyakarta: BPFE
Yogyakarta.
Pujiono, Setyawan. 2010. “Penerapan
Strategi Catalisting Untuk
Meningkatkan Kemampuan Menulis
Esai” Jurnal Litera Volume 10 Nomor
FBS UNY.
Tarigan, Henry Guntur. 2008. Menulis
sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Refbacks
- There are currently no refbacks.