KEEFEKTIFAN STRATEGI DOUBLE ENTRY JOURNALS BERBANTUAN MEDIA FILM PENDEK DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERPEN PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 DEPOK

Rahma Zuddiyya Safitri,

Abstract



Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) perbedaan kemampuan menulis cerpen yang signifikan antara siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen menggunakan strategi  Double Entry Journals  berbantuan media film pendek dan siswa yang mengikuti pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi konvensional; (2) menguji
keefektifan strategi  Double Entry Journals  berbentuan media film pendek dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok.  
Penelitian ini merupakan penelitian kuasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah Countrol Group Pretest Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 1 DepokTeknik pengambilan sampel yang digunakan adalah  proportionate random sampling, berdasarkan pengundian ditetapkan kelas X MIPA 3 sebagai kelompok kontrol dan X MIPA 1 sebagai kelompok eksperimen. Data yang dikumpulkan menggunakan tes berupa  pretest  dan  posttest menulis cerpen. Validitas instrumen yang digunakan adalah validitas isi dengan expert judgement. Teknik analisis data menggunakan uji-t dan gain score.  
Analisis uji-t data  posttest  kelompok eksperimen dan  posttest  kelompok kontrol diperoleh nilai  thitungyaitu 6,185 dengan df 62, dan nilai p sebesar 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5% (0,000 < 0,05). Hasil uji-t tersebut menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelompok eksperimen yang mendapat pembelajaran
menulis cerpen dengan menggunakan strategi Double Entry Journals berbantuan media film pendek dan kelompok kontrol yang mendapatkan pembelajaran menulis cerpen dengan menggunakan strategi konvensional. Hasil analisis uji-t data  pretest  dan  posttest  kelompok
eksperimen diperoleh thitungsebesar 10,409 dengan df 31 dan nilai p 0,000. Nilai p lebih kecil dari taraf signifikansi 5 % (0,000 < 0,05). Hal tersebut menunjukkan bahwa strategi Double Entry Journals berbantuan media film pendek efektif digunakan dalam pembelajaran menulis cerpen pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Depok.
 
Kata Kunci: keefektifan, strategi Double Entry Journals, film  pendek, menulis cerpen
 
 
 
 

Full Text:

PDF

References


Latief danUtud. 2013. KamusPintar

Broadcasting. Bandung: Yrama

Widia.

Ruddell, Martha Rapp. 2005. Teaching

Content Reading and

Writing.Hoboken, NJ: John Wiley

& Sons. Inc.

Sayuti, Suminto A. 2000.

BerkenalandenganProsaFiksi.

Yogyakarta: Gama Media.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.