PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN PENERAPAN STRATEGI BRAINWRITING PADA SISWA KELAS VIII D SMP NEGERI 2 MLATI SLEMAN
Abstract
Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan subjek
penelitian siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman yang terdiri atas 32 siswa.Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus yang pada setiap siklusnya terdapat empat komponen sebagai desain penelitian yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi.Data penelitian diperoleh melalui pengamatan, analisis dokumen, wawancara, angket, dan tes.Analisis data dilakukan secara kualitatif yang dibantu dengan data
kuantitatif. Kriteria validitas yang digunakan dalam penelitian ini yaitu validitas proses, hasil, demokratis, dan dialog. Reliabilitas diwujudkan dengan penyajian data asli penelitian yang meliputi transkrip wawancara, catatan lapangan, angket, foto, dan dokumentasi tugas siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara proses terjadi peningkatan
pelaksanaan pembelajaran pada beberapa aspek, misalnya pada aspek pelaksanaan pembelajaran yang menarik dan menyenangkan, keaktifan siswa, dan minat siswa dalam mengikuti pembelajaran. Peningkatan proses pembelajaran tersebut diukur dari keantusiasan siswa, keberanian siswa dalam bertanya, dan perhatian siswa selama pembelajaran. Peningkatan secara produk dapat dilihat dengan adanya peningkatan nilai
menulis puisi siswa. Pada Siklus I nilai rata-rata menulis siswa 72,49 dan pada Siklus II meningkat sebesar 12,06% menjadi 84,55. Dengan demikian, penerapan strategi brainwriting dapat meningkatkan proses pembelajaran dan meningkatkan hasil pembelajaran menulis puisi siswa Kelas VIII D SMP Negeri 2 Mlati, Sleman.
Kata kunci: keterampilan menulis, puisi, strategi brainwriting.
Full Text:
PDFReferences
Andrina, Mellina Yovi. 2011.
“Peningkatan Kemampuan
menulis puisi dengan Media
Kartu Mimpi Bergambar pada
Siswa Kelas VIII SMP N 8
Magelang”. Skripsi S1.
Yogyakarta: Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia,
FBS UNY.
Arifin, Zainal. 2012. Penelitian
Pendidikan (Metode dan
Paradigma Baru). Bandung:
Remaja Rosdakarya.
____________. 2009. Evaluasi
Pembelajaran. Bandung: PT
Remajna Rosdakarya.
Baxter, Mike. 2001. Product Design:
Practical Methods For The
SystematicDevelopment of
New Products. United
Kingdom: Nelson Thornes
Ltd.
Brokop, Flo and Bill Persall. 2009.
Writing Strategies for
Learners who are Deaf.
Edmonton: NorQuest
College.
Depdiknas.2005. Kamus Besar
Bahasa Indonesia. Jakarta:
Balai Pustaka.
Endaswara, Suwardi. 2003. Metode
dan Teori Pengajaran Sastra.
Yogyakarta: Buana Pustaka.
Har, Aveus. 2011. Yuk, Menulis!
Diary, Puisi, & Cerita
Fiksi.Yogyakarta: G-media.
Jabrohim, Chairul Anwar, dan
Suminto A Sayuti. 2001.
Cara Menulis Kreatif.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Jamaluddin.2003. Problematik
Pembelajaran Bahasa dan
Sastra.Yogyakarta: Adicita
Karya Nusa.
Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2008.
Evaluasi Pembelajaran.
Yogyakarta: Multi Pressindo.
Keraf, Gorys. 2008. Diksi dan Gaya
Bahasa. Jakarta: Gramedia Pustaka
Utama.
Kunandar.2011. Langkah Mudah
Penelitian Tindakan Kelas
Sebagai Pengembangan
Profesi Guru. Jakarta:
Rajawali Pers.
Kurniawan, Heru dan Sutardi. 2012.
Penulisan Sastra Kreatif.
Yogyakarta: Graha Ilmu.
Michalko, Michael. 2004.
Permainan Berpikir
(Thinkertoys). Bandung:
Remaja Rosdakarya.
Mulyasa, E..2007. Menjadi Guru
Profesional Menciptakan
Pembelajaran Kreatifdan
Menyenangkan. Bandung: PT
Rosda Karya.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010.
Penilaian Pembelajaran
Bahasa Berbasis Kompetensi.
Yogyakarta: BPFE.
__________________. 2005. Teori
Pengkajian Fiksi.
Yogyakarta: Gajah Mada
University Press.
__________________. 2001.
Penilaian dalam
Pembelajaran Bahasa dan
Sastra. Yogyakarta:
BPFE.
Nurmayani, Revi. 2015.
“Keefektifan Strategi
Brainwriting dalam
PembelajaranMenulis Cerpen
pada Siswa Kelas X SMA N
Ngaglik”.Skripsi S1.
Yogyakarta: Pendidikan
Bahasa dan Sastra Indonesia,
FBS UNY.
Oviansha, Mailida. 2015. “Teaching
Writing by Combining Brain
Writing Strategy And Quick
Write Strategy for Senior
High School Students”.
Gramatika.Diunduh di
http://www.jurnal.stkip-
pgrisumbar.ac.id/pada tanggal
November 2015.
Pradopo, Rachmat Djoko. 2007.
Pengkajian Puisi.Yogyakarta:
Gadjah Mada University
Press.
. 2009.
Pengkajian Puisi (Analisis
Strata Norma dan Analisis
Struktural dan semiotik.
Yogyakarta: Gadjah Mada
University Press.
Pranuju, Redi. 2008. Menulislah
dengan Marah! Kita Sukses
Menulis di Media
Massa.Bandung: Nusa
Media.
Roekhan. 1991. Menulis Kreatif:
Dasar-dasar dan Petunjuk
Penerapannya. Malang: YA3
Malang.
Sayuti, Suminto A. 2002. Berkenalan
dengan Puisi. Situmorang,
B.P. 1983. Teori, Apresiasi,
Bentuk, dan Struktur. Ende,
Flores: Nusa Indah.
Sejnost, Roberta L .2009. Tools for
Teaching in the Block.New
York: Corwin.
Semi, M. A. 2007.Dasar-dasar
Keterampilan Menulis.
Bandung: Angkasa.
Suardjono. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara.
Waluyo, Herman J. 2003. Apresiasi
Puisi: Panduan untuk Pelajar
dan Mahasiswa. Jakarta:
Pustaka Utama.
Wijaya Kusumah dan Dedi
Dwitagama. 2010. Mengenal
Penelitian Tindakan Kelas.
Jakarta: Indeks.
Wilson, Chauncey. 2013.
Brainstorming and Beyond: A
User-centered
DesignMethod. United
Kingdom: MK Morgan
Kaufmann.
Wiriaatmadja, Rochiati. 2007.
Metode Penelitian Tindakan
Kelas. Bandung: PT Remaja
Rosdakarya.
Wiyatmi. 2009. Pengantar Kajian
Sastra. Yogyakarta: Pustaka.
Refbacks
- There are currently no refbacks.